PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI

Tumanggor, Elisabeth Pransiska (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192421004_Cover.pdf] Text
4192421004_Cover.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 4192421004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192421004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (931kB)
[thumbnail of 4192421004_Abstrak.pdf] Text
4192421004_Abstrak.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4192421004_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192421004_Kata_Pengantar.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 4192421004_Daftar_Isi.pdf] Text
4192421004_Daftar_Isi.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 4192421004_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192421004_Daftar_Tabel.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of 4192421004_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192421004_Daftar_Gambar.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 4192421004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192421004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 4192421004_BAB_I.pdf] Text
4192421004_BAB_I.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of 4192421004_BAB_V.pdf] Text
4192421004_BAB_V.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of 4192421004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192421004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (307kB)

Abstract

Fisika adalah cabang ilmu yang dipelajari pada sekolah menengah. Ada banyak sekali kekurangan dalam proses pembelajaran fisika, salah satu kekurangan dalam pembelajaran fisika adalah pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X TITL-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 orang dan kelas X BKP-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang terdiri dari 20 soal yang telah divalidasi oleh validator. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata postes kelas eksperimen 46 dan kelas kontrol 32,6. Analisis uji t dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Inkuiri terbimbing; hasil belajar; quasi experiment; uji-t
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics > QC81 Weights and measures
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 01 May 2024 06:58
Last Modified: 01 May 2024 06:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56000

Actions (login required)

View Item
View Item