PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI ASAM BASA

Sinaga, Yosepa Elda (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4192431006_Cover.pdf] Text
4192431006_Cover.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4192431006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192431006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 4192431006_Abstrak.pdf] Text
4192431006_Abstrak.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 4192431006_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192431006_Kata_Pengantar.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 4192431006_Daftar_Isi.pdf] Text
4192431006_Daftar_Isi.pdf

Download (776kB)
[thumbnail of 4192431006_BAB_I.pdf] Text
4192431006_BAB_I.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of 4192431006_BAB_V.pdf] Text
4192431006_BAB_V.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 4192431006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192431006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (540kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes berbasis HOTS pada materi asam basa serta untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 11 Medan T.A 2022/2023. Populasi penelitian adalah seluruh dosen kimia Unimed, seluruh guru kimia SMA Negeri 11 Medan, dan seluruh siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 6. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 3 orang dosen kimia Unimed, 1 orang guru Kimia SMA Negeri 11 Medan dan XI IPA 1 dan XI IPA 6 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) tipe ADDIE. Berdasarkan hasil penelitian instrumen tes yang dikembangkan berupa tes pilihan berganda dengan 30 soal dengan masing-masing soal mengukur ranah kognitif menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6) dinyatakan instrumen tes berbasis HOTS yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan dengan kriteria telah memenuhi syarat validitas isi yang didapatkan dari penilaian ahli dengan indeks V Aiken pada rentang 0,97 sampai 1,00 dengan kategori sangat tinggi dan memenuhi syarat reliabilitas dengan reliabilitas 0,87 yang masuk kedalam kategori sangat tinggi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi asam basa di kelas XI IPA termasuk pada kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan dari persentase jawaban dari soal-soal HOTS yang mencakup pada indikator menganalisis (C4) sebesar 17%, mengevaluasi (C5) yaitu 60% dan mencipta (C6) yaitu sebesar 33%. Secara keseluruhan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa memiliki nilai rata-rata sebesar 68,9. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa tergolong tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 540.071 Sin p
Keywords: Higher order thinking skills; Instrumen tes; Asam basa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Apr 2024 08:11
Last Modified: 30 Apr 2024 08:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55984

Actions (login required)

View Item
View Item