Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Kelas VIII SMP Amir Hamzah Medan

Sitanggang, Nada Despriyanti (2023) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Kelas VIII SMP Amir Hamzah Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2193311034 COVER.pdf] Text
1. NIM.2193311034 COVER.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 2. NIM.2193311034 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2193311034 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM.2193311034 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2193311034 ABSTRACT.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 4. NIM.2193311034 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2193311034 PREFACE.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 5. NIM.2193311034 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2193311034 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 6. NIM.2193311034 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM.2193311034 LIST OF TABLE.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 7. NIM.2193311034 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
7. NIM.2193311034 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 8. NIM.2193311034 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.2193311034 CHAPTER I.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 12. NIM.2193311034 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM.2193311034 CHAPTER V.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 13. NIM.2193311034 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM.2193311034 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (150kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Kelas VIII SMP Amir Hamzah Medan terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada Siswa Kelas VIII SMP Amir Hamzah Medan.
Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Amir Hamzah Medan tahun pembelajaran 2022/2023 yang berjumlah 47 orang yang terdiri dari 2 kelas, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 25 siswa ditetapkan dengan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif eksperimen. Instrumen pada penelitian yaitu tes menulis teks eksplanasi yang dinilai berdasarkan isi, struktur teks, dan kaidah kebahasan pada teks eksplanasi. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media audiovisual yaitu 61,68, sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah menggunakan model pembelajaran
Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media audiovisual yaitu 79,68. Maka, dapat disimpulkan nilai tes setelah diterapkan model model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media audiovisual lebih tinggi dari sebelumnya. Hasil analisis data pada pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 4,28, kemudian melihat tabel t, taraf signifikansi 5%, dan df = N – 1 = 25 – 1 = 24, diperoleh ttabel = 1,71. Karena thitung diperoleh lebih besar dibandingkan dengan ttabel yaitu 4,28>1,71, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif Ha diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran, Teams Games Tournament (TGT), Media Audiovisual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:27
Last Modified: 30 Apr 2024 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55943

Actions (login required)

View Item
View Item