Sitanggang, Nada Despriyanti (2023) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Kelas VIII SMP Amir Hamzah Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2193311034 COVER.pdf
Download (202kB)
2. NIM.2193311034 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM.2193311034 ABSTRACT.pdf
Download (119kB)
4. NIM.2193311034 PREFACE.pdf
Download (176kB)
5. NIM.2193311034 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (117kB)
6. NIM.2193311034 LIST OF TABLE.pdf
Download (65kB)
7. NIM.2193311034 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (65kB)
8. NIM.2193311034 CHAPTER I.pdf
Download (393kB)
12. NIM.2193311034 CHAPTER V.pdf
Download (159kB)
13. NIM.2193311034 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (150kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Pada Kelas VIII SMP Amir Hamzah Medan terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada Siswa Kelas VIII SMP Amir Hamzah Medan.
Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Amir Hamzah Medan tahun pembelajaran 2022/2023 yang berjumlah 47 orang yang terdiri dari 2 kelas, sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 25 siswa ditetapkan dengan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif eksperimen. Instrumen pada penelitian yaitu tes menulis teks eksplanasi yang dinilai berdasarkan isi, struktur teks, dan kaidah kebahasan pada teks eksplanasi. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebelum diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media audiovisual yaitu 61,68, sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa setelah menggunakan model pembelajaran
Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media audiovisual yaitu 79,68. Maka, dapat disimpulkan nilai tes setelah diterapkan model model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media audiovisual lebih tinggi dari sebelumnya. Hasil analisis data pada pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 4,28, kemudian melihat tabel t, taraf signifikansi 5%, dan df = N – 1 = 25 – 1 = 24, diperoleh ttabel = 1,71. Karena thitung diperoleh lebih besar dibandingkan dengan ttabel yaitu 4,28>1,71, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif Ha diterima
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran, Teams Games Tournament (TGT), Media Audiovisual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:27 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55943 |