Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Kelas VII SMP Negeri 25 Medan Tahun Ajaran 2022/2023

Daeli, Milka Ria (2023) Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Kelas VII SMP Negeri 25 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2192411026 COVER.pdf] Text
1. NIM.2192411026 COVER.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 2. NIM.2192411026 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2192411026 APPROVAL SHEET.pdf

Download (692kB)
[thumbnail of 3. NIM.2192411026 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2192411026 ABSTRACT.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of 4. NIM.2192411026 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2192411026 PREFACE.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 5. NIM.2192411026 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2192411026 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 6. NIM.2192411026 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM.2192411026 LIST OF TABLE.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of 7. NIM.2192411026 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
7. NIM.2192411026 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 8. NIM.2192411026 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.2192411026 CHAPTER I.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of 12. NIM.2192411026 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM.2192411026 CHAPTER V.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of 13. NIM.2192411026 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM.2192411026 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (369kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi sebelum menggunakan metode Outdoor Learning terhadap kelas VII SMP Negeri 25 Medan tahun ajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi sesudah menggunakan metode metode Outdoor Learning terhadap kelas VII SMP Negeri 25 Medan tahun ajaran 2022/2023. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode Outdoor Learning terhadap keterampilan menulis teks deskripsi kelas VII SMP Negeri 25 Medan tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode eksperimen dengan desain One group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 25 Medan berjumlah 256 siswa yang terbagi ke dalam 8 kelas. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII-G yang terdiri dari 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menggunakan uji persyaratan analisis, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata–rata keterampilan menulis teks deskripsi sebelum menerapkan perlakuan yaitu 63,75 tergolong kedalam kategori kurang dan belum memenuhi
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 sedangkan nilai rata–rata keterampilan menulis teks deskripsi dengan menerapkan perlakuan yaitu 82,21 tergolong kedalam kategori baik dan sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarakan uji t diperoleh nilai taraf signifikansi dengan dk = N-1=31, sehingga diperoleh nilai ketentuan ttabel sebesar 2,040. Dengan demikian disimpulkan thitung > ttabel yakni 8,961 > 2,040 sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan
bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan metode pembelajaran Outdoor Learning terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Medan Tahun Ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh, Metode Outdoor Learning, menulis teks deskripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 30 Apr 2024 04:02
Last Modified: 30 Apr 2024 04:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55930

Actions (login required)

View Item
View Item