Daeli, Milka Ria (2023) Pengaruh Metode Outdoor Learning Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Kelas VII SMP Negeri 25 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2192411026 COVER.pdf
Download (373kB)
2. NIM.2192411026 APPROVAL SHEET.pdf
Download (692kB)
3. NIM.2192411026 ABSTRACT.pdf
Download (496kB)
4. NIM.2192411026 PREFACE.pdf
Download (377kB)
5. NIM.2192411026 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (269kB)
6. NIM.2192411026 LIST OF TABLE.pdf
Download (355kB)
7. NIM.2192411026 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (238kB)
8. NIM.2192411026 CHAPTER I.pdf
Download (675kB)
12. NIM.2192411026 CHAPTER V.pdf
Download (387kB)
13. NIM.2192411026 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (369kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi sebelum menggunakan metode Outdoor Learning terhadap kelas VII SMP Negeri 25 Medan tahun ajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi sesudah menggunakan metode metode Outdoor Learning terhadap kelas VII SMP Negeri 25 Medan tahun ajaran 2022/2023. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode Outdoor Learning terhadap keterampilan menulis teks deskripsi kelas VII SMP Negeri 25 Medan tahun ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode eksperimen dengan desain One group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 25 Medan berjumlah 256 siswa yang terbagi ke dalam 8 kelas. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII-G yang terdiri dari 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menggunakan uji persyaratan analisis, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata–rata keterampilan menulis teks deskripsi sebelum menerapkan perlakuan yaitu 63,75 tergolong kedalam kategori kurang dan belum memenuhi
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75 sedangkan nilai rata–rata keterampilan menulis teks deskripsi dengan menerapkan perlakuan yaitu 82,21 tergolong kedalam kategori baik dan sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berdasarakan uji t diperoleh nilai taraf signifikansi dengan dk = N-1=31, sehingga diperoleh nilai ketentuan ttabel sebesar 2,040. Dengan demikian disimpulkan thitung > ttabel yakni 8,961 > 2,040 sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan
bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan metode pembelajaran Outdoor Learning terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Medan Tahun Ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh, Metode Outdoor Learning, menulis teks deskripsi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 04:02 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55930 |