Pengaruh Model Pembelajaran Reading To Learn Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Cinta Rakyat 3 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023

Sitio, Lolita Ariesta Glorifencia (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Reading To Learn Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Cinta Rakyat 3 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2163311019 COVER.pdf] Text
1. NIM.2163311019 COVER.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of 2. NIM.2163311019 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2163311019 APPROVAL SHEET.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 3. NIM.2163311019 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2163311019 ABSTRACT.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 4. NIM.2163311019 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2163311019 PREFACE.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 5. NIM.2163311019 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2163311019 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 6. NIM.2163311019 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM.2163311019 LIST OF TABLE.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 7. NIM.2163311019 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
7. NIM.2163311019 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 8. NIM.2163311019 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.2163311019 CHAPTER I.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 12. NIM.2163311019 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM.2163311019 CHAPTER V.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 13. NIM.2163311019 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM.2163311019 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (4MB)

Abstract

Model Reading to Learn kegiatan untuk memudahkan siswa dalam memenuhi keterampilan belajar mereka. Metode ini merupakan sebuah upaya untuk menanamkan keingintahuan yang dibudayakan dan dibentuk oleh sekolah dengan gemar membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Reading to Learn Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi
Siswa Kelas VII SMP Cinta Rakyat 3 yang termasuk dalam penelitian eksperimen dengan model one group pre test-post test design, yaitu tanpa menggunakan kelompok pembanding. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah data kemampuan siswa kelas VII dalam pembelajaran teks deskripsi dengan menerapkan model pembelajaran reading to learn. Jumlah populasi penelitian adalah 60 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII-A dan VII-B yang sama-sama berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampling menggunakan teknik
purposive sampling dan kelas yang terpilih yaitu VII-A yang berjumlah 30 siswa. Istrumen yang diterapkan untuk memantau perkembangan siswa adalah tes menulis sebuah teks deskripsi. Pembelajaran model reading to learn berpengaruh Baik terhadap kemampuan siswa SMP Cinta Rakyat 3 menuliskan
teks deskripsi. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata peserta didik yang pengalami peningkatan dari 63 (pretest) menjadi 85 (posttest), uji homogenitas juga menunjukkan Fhitung> Ftabel. yakni 1,28 < 1,96 hal ini mengindikasikan bahwa sampel dari populasi yang homogen. Uji “t” juga mengindikasikan to yang didapatkan dari ttabel yakni 5,97 > 2,06, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, berarti model pembelajaran reading to learn berpengaruh baik pada pembelajaran teks deskripsi siswa kelas VII SMP Swasta Cinta Rakyat 3

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Reading to Learn, Kemampuan Menulis, Teks Deskripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:59
Last Modified: 30 Apr 2024 02:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55901

Actions (login required)

View Item
View Item