-, Hanisa (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Dalam Keterampilan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Siantar Tahun Pembelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2193311016 COVER.pdf
Download (43kB)
2. NIM.2193311016 APPROVAL SHEET.pdf
Download (251kB)
3. NIM.2193311016 ABSTRACT.pdf
Download (126kB)
4. NIM.2193311016 PREFACE.pdf
Download (384kB)
5. NIM.2193311016 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (283kB)
6. NIM.2193311016 LIST OF TABLE.pdf
Download (35kB)
7. NIM.2193311016 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (33kB)
8. NIM.2193311016 CHAPTER I.pdf
Download (362kB)
12. NIM.2193311016 CHAPTER V.pdf
Download (264kB)
13. NIM.2193311016 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (461kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Untuk mengetahui keterampilan menulis teks prosedur tanpa menggunakan metode Mind Mapping pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siantar Tahun
Pembelajaran 2022/2023. (2) Untuk mengetahui keterampilan menulis teks prosedur dengan menggunakan metode Mind Mapping pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siantar Tahun Pembelajaran 2022/2023. (3) Untuk mengetahui pengaruh metode Mind Mapping dalam keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Siantar Tahun Pembelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dengan VII SMP Negeri 1 Siantar dengan banyak sampel sebanyak 30 siswa dengan metode Mind Mapping. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada penulisan isi teks prosedur, penulisan struktur teks prosedur, kaidah penulisan teks prosedur dan ciri kebahasaan teks prosedur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-postetst. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada saat
pretest diperoleh rata-rata 60,47, dan masuk dalam kategori cukup. Sedangkan hasil penelitian postest diperoleh nilai rata-rata sebesar 88 dan termasuk dalam kategori sangat baik. Melalui pengujian hipotesis yaitu yaitu thitung > ttabel yakni 8,5047 > 2,0484 dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh yang cukup signifikan dari penggunaan metode Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Siantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh, Metode Mind Mapping, Keterampilan Menulis, Teks Prosedur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 02:28 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55888 |