Simanjuntak, Fransiska Adelina (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPLUS KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 3 TEBING TINGGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193321013_Cover.pdf
Download (193kB)
4193321013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (628kB)
4193321013_Abstrak.pdf
Download (306kB)
4193321013_Kata_Pengantar.pdf
Download (377kB)
4193321013_Daftar_Isi.pdf
Download (240kB)
4193321013_Daftar_Gambar.pdf
Download (186kB)
4193321013_Daftar_Tabel.pdf
Download (187kB)
4193321013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (259kB)
4193321013_BAB_I.pdf
Download (308kB)
4193321013_BAB_V.pdf
Download (145kB)
4193321013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (279kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan implus kelas X semester genap di SMA Negeri 3 Tebing Tinggi T.P 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh
siswa kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tebing Tinggi T.P 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data pretest dan postes diperoleh bahwa data kedua
kelas berdistribusi normal dan homogen. Lalu dilakukan uji hipotesis dengan uji t dua pihak untuk mengetahui kemampuan awal. Kriteria dalam mengukur kemampuan awal yaitu -ttabel < thitung < ttabel dan setelah dilakukan analisis data
diperoleh nilai -ttabel < thitung< ttabel = -2,002 < 0,405 < 2,002 jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal (pretest) kedua sampel adalah sama atau kemampuan awal siswa kelas eskperimen tidak berbeda dengan kemampuan awal kelas kontrol.
Kemudian, dilakukan juga uji t satu pihak untuk mengetahui efek dari suatu perlakuan yaitu model pembelajaran Inkuiri Terbimbing diperoleh thitung > ttabel = 5, 99 > 1,671. maka Ha diterima, artinya ada pengaruh model inkuiri terbimbing
terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan implus kelas X semester genap di SMA Negeri 3 Tebing Tinggi T.P 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model inkuiri; hasil belajar; Materi pokok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 02:00 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55873 |