PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPLUS KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 3 TEBING TINGGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Simanjuntak, Fransiska Adelina (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPLUS KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 3 TEBING TINGGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193321013_Cover.pdf] Text
4193321013_Cover.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 4193321013_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193321013_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of 4193321013_Abstrak.pdf] Text
4193321013_Abstrak.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 4193321013_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193321013_Kata_Pengantar.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 4193321013_Daftar_Isi.pdf] Text
4193321013_Daftar_Isi.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 4193321013_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193321013_Daftar_Gambar.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 4193321013_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193321013_Daftar_Tabel.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 4193321013_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193321013_Daftar_Lampiran.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of 4193321013_BAB_I.pdf] Text
4193321013_BAB_I.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 4193321013_BAB_V.pdf] Text
4193321013_BAB_V.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 4193321013_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193321013_Daftar_Pustaka.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan implus kelas X semester genap di SMA Negeri 3 Tebing Tinggi T.P 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh
siswa kelas X MIPA SMA Negeri 3 Tebing Tinggi T.P 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data pretest dan postes diperoleh bahwa data kedua
kelas berdistribusi normal dan homogen. Lalu dilakukan uji hipotesis dengan uji t dua pihak untuk mengetahui kemampuan awal. Kriteria dalam mengukur kemampuan awal yaitu -ttabel < thitung < ttabel dan setelah dilakukan analisis data
diperoleh nilai -ttabel < thitung< ttabel = -2,002 < 0,405 < 2,002 jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal (pretest) kedua sampel adalah sama atau kemampuan awal siswa kelas eskperimen tidak berbeda dengan kemampuan awal kelas kontrol.
Kemudian, dilakukan juga uji t satu pihak untuk mengetahui efek dari suatu perlakuan yaitu model pembelajaran Inkuiri Terbimbing diperoleh thitung > ttabel = 5, 99 > 1,671. maka Ha diterima, artinya ada pengaruh model inkuiri terbimbing
terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan implus kelas X semester genap di SMA Negeri 3 Tebing Tinggi T.P 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model inkuiri; hasil belajar; Materi pokok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 30 Apr 2024 02:00
Last Modified: 30 Apr 2024 02:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55873

Actions (login required)

View Item
View Item