PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 16 MEDAN

Siregar, Dinda Nadia (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 16 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193141021_Cover.pdf] Text
4193141021_Cover.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of 4193141021_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193141021_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (988kB)
[thumbnail of 4193141021_Abstrak.pdf] Text
4193141021_Abstrak.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 4193141021_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193141021_Kata_Pengantar.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 4193141021_Daftar_Isi.pdf] Text
4193141021_Daftar_Isi.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 4193141021_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193141021_Daftar_Tabel.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4193141021_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193141021_Daftar_Gambar.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 4193141021_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193141021_Daftar_Lampiran.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 4193141021_BAB_I.pdf] Text
4193141021_BAB_I.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of 4193141021_BAB_V.pdf] Text
4193141021_BAB_V.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4193141021_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193141021_Daftar_Pustaka.pdf

Download (445kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 16 Medan. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diperoleh melalui teknik random sampling, yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol (Pembelajaran konvensional dengan ceramah) dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen (Problem Based Learning). Disain penelitian yang digunakan yaitu Two Group PretestPosttest Design. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil uji hipotesis hasil belajar menggunakan uji t (independent t-test) menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yakni model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis kemampuan pemecahan pemecahan masalah menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yakni model PBL berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil uji effect size juga menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai masing-masing sebesar 1,7 (tinggi) dan 1,4 (tinggi). Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa model PBL dapat meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil belajar; kemampuan pemecahan masalah; problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 29 Apr 2024 15:07
Last Modified: 29 Apr 2024 15:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55858

Actions (login required)

View Item
View Item