Siregar, Dinda Nadia (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI 16 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193141021_Cover.pdf
Download (50kB)
4193141021_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (988kB)
4193141021_Abstrak.pdf
Download (267kB)
4193141021_Kata_Pengantar.pdf
Download (174kB)
4193141021_Daftar_Isi.pdf
Download (336kB)
4193141021_Daftar_Tabel.pdf
Download (36kB)
4193141021_Daftar_Gambar.pdf
Download (211kB)
4193141021_Daftar_Lampiran.pdf
Download (243kB)
4193141021_BAB_I.pdf
Download (500kB)
4193141021_BAB_V.pdf
Download (36kB)
4193141021_Daftar_Pustaka.pdf
Download (445kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 16 Medan. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diperoleh melalui teknik random sampling, yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol (Pembelajaran konvensional dengan ceramah) dan kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen (Problem Based Learning). Disain penelitian yang digunakan yaitu Two Group PretestPosttest Design. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil uji hipotesis hasil belajar menggunakan uji t (independent t-test) menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yakni model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji hipotesis kemampuan pemecahan pemecahan masalah menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yakni model PBL berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil uji effect size juga menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai masing-masing sebesar 1,7 (tinggi) dan 1,4 (tinggi). Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa model PBL dapat meningkatkan hasil belajar dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar; kemampuan pemecahan masalah; problem based learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 15:07 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 15:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55858 |