Rahayu, Suwana Pransiska (2024) Pengembangan Modul Pembelajaran Materi Teknik Massage Pada Perawatan Kulit Kepala dan Rambut (Creambath) Untuk Siswa Kelas X SMKS Pemda Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
5181144009_Cover.pdf
Download (71kB)
5181144009_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
5181144009_Kata_Pengantar.pdf
Download (392kB)
5181144009_Abstrak.pdf
Download (124kB)
5181144009_Daftar_Isi.pdf
Download (282kB)
5181144009_Daftar_Tabel.pdf
Download (235kB)
5181144009_Daftar_Gambar.pdf
Download (305kB)
5181144009_Daftar_Lampiran.pdf
Download (74kB)
5181144009_BAB_I.pdf
Download (313kB)
5181144009_BAB_V.pdf
Download (180kB)
5181144009_Daftar_Pustaka.pdf
Download (112kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui; 1) pengembangan modul pembelajaran materi teknik massage pada mata pelajaran perawatan rambut (creambath) di kelas X SMKS PEMDA Lubuk Pakam. 2) kelayakan modul materi teknik massage pada
mata pelajaran perawatan rambut (Creambath) di kelas X SMKS PEMDA Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X KC SMK Swasta Pembangunan Daerah Lubuk Pakam terdiri dari 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan angket. Objek penelitian ini adalah pengembangan modul pembelajaran materi teknik massage pada perawatan kulit kepala dan rambut (creambath). Uji validitas dilakukan oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media. Kelayakan bahan ajar diperoleh melalui uji coba kelompok kecil dengan jumlah 5 siswa, kelompok sedang dengan jumlah 10 siswa dan kelompok besar dengan jumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan; (1) validasi dari ahli materi pembelajaran
mendapat kriteria sangat baik (92%), (2) validasi dari ahli media pembelajaran mendapatkan kriteria sangat baik (93%), (3) uji coba kelompok kecil dengan kriteria sangat baik (85%), (4) uji coba kelompok sedang dengan kriteria sangat baik (86%), (5) uji coba kelompok besar kriteria sangat baik (90%). Kesimpulan dari skor ahli materi, ahli media, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok sedang dan uji coba
kelompok besar diperoleh presentase nilai rata-rata sebesar 90,5% dengan kriteria “Sangat Baik” sehingga bahan ajar modul perawatan kulit kepala dan rambut pada materi massage “creambath” dinyatakan “Layak” sebagai bahan pembelajaran serta bahan ajar modul dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran, meningkatkan hasil pembelajaran, menarik minat siswa untuk belajar dan membantu guru dalam menyampaikan pembelajaran dikelas maupun pembelajaran secara mandiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Modul Pembelajaran; Teknik Massage Pada Perawatan Kulit Kepala Dan Rambut (Creambath) |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 04:40 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 04:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55798 |