Fauziyyah (2023) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASIMATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4191111001_Cover.pdf
Download (71kB)
4191111001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (311kB)
4191111001_Abstrak.pdf
Download (174kB)
4191111001_Kata_Pengantar.pdf
Download (256kB)
4191111001_Daftar_Isi.pdf
Download (208kB)
4191111001_Daftar_Gambar.pdf
Download (82kB)
4191111001_Daftar_Tabel.pdf
Download (86kB)
4191111001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (114kB)
4191111001_BAB_I.pdf
Download (524kB)
4191111001_BAB_V.pdf
Download (173kB)
4191111001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (295kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan literasi numerasi matematis siswa dan bagaimana kesulitan siswa belajar literasi numerasi matematis. Jenis penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain
pretest-posttest control group. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dan kelas VII-6 sebagai kelas
eksperimen yang berjumlah 30 siswa yang terpilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pada penelitian ini berupa tes kemampuan literasi numerasi matematis dalam bentuk pretest-posttest dan wawancara. Data dianalisis
dengan menggunakan uji-t, setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas diperoleh �ℎ����� = 5,38 dan ������ = 1,67 , maka �0 ditolak dan �1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan literasi numerasi matematis siswa dan siswa kesulitan dalam menerjemahkan soal, pemahaman konsep, kurang teliti dalam melihat informasi yang ada pada soal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran matematika; Literasi numerisasi matematis; Kesulitan siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 03:20 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55775 |