PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASIMATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN

Fauziyyah (2023) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASIMATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4191111001_Cover.pdf] Text
4191111001_Cover.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 4191111001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of 4191111001_Abstrak.pdf] Text
4191111001_Abstrak.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 4191111001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111001_Kata_Pengantar.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of 4191111001_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111001_Daftar_Isi.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of 4191111001_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191111001_Daftar_Gambar.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 4191111001_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191111001_Daftar_Tabel.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 4191111001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191111001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 4191111001_BAB_I.pdf] Text
4191111001_BAB_I.pdf

Download (524kB)
[thumbnail of 4191111001_BAB_V.pdf] Text
4191111001_BAB_V.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of 4191111001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (295kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap kemampuan literasi numerasi matematis siswa dan bagaimana kesulitan siswa belajar literasi numerasi matematis. Jenis penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain
pretest-posttest control group. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dan kelas VII-6 sebagai kelas
eksperimen yang berjumlah 30 siswa yang terpilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pada penelitian ini berupa tes kemampuan literasi numerasi matematis dalam bentuk pretest-posttest dan wawancara. Data dianalisis
dengan menggunakan uji-t, setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas diperoleh �ℎ����� = 5,38 dan ������ = 1,67 , maka �0 ditolak dan �1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan literasi numerasi matematis siswa dan siswa kesulitan dalam menerjemahkan soal, pemahaman konsep, kurang teliti dalam melihat informasi yang ada pada soal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran matematika; Literasi numerisasi matematis; Kesulitan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 29 Apr 2024 03:20
Last Modified: 29 Apr 2024 03:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55775

Actions (login required)

View Item
View Item