Khairiyah, Riqah (2024) Pengembangan Media Pop-up Book Mata Pelajaran Dasar Desain Materi Pengelompokan Warna di SMK Pemda Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.
5183143001_Cover.pdf
Download (61kB)
5183143001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (469kB)
5183143001_Kata_Pengantar.pdf
Download (183kB)
5183143001_Abstrak.pdf
Download (143kB)
5183143001_Daftar_Isi.pdf
Download (84kB)
5183143001_Daftar_Tabel.pdf
Download (128kB)
5183143001_Daftar_Gambar.pdf
Download (83kB)
5183143001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (127kB)
5183143001_BAB_I.pdf
Download (408kB)
5183143001_BAB_V.pdf
Download (170kB)
5183143001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (120kB)
Abstract
Penggunaan media pembelajaran dapat mewujudkan situasi pembelajaran yang efektif. Pembelajaran di SMK Pemda Lubuk Pakam memaksimalkan penggunaan media yang bertujuan untuk: (1) untuk mengembangkan media pembelajaran pop-up book mata pelajaran dasar desain di SMK Pemda Lubuk Pakam. (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran pop-up book mata
pelajaran dasar desain materi pengelompokan warna di SMK Pemda Lubuk Pakam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada penelitian pengembangan 4D diamana memiliki 4 tahapan yaitu (1) tahap pendefinisian (Define), (2) tahap perencanaan (Design), (3) tahap pengembangan (Development). Dan tahap penyebarluasan (Dessiminate). Penelitian ini terdiri dari 4 orang validator, yaitu 2
orang ahli materi dan 2 orang ahli media, serta subjek penelitian ini terdiri 33 orang siswa kelas X SMK Pemda Lubuk Pakam. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket/instrumen. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk pop-up book pengelompokan warna dengan uji validitas oleh ahli materi yang mendapat persentase rata-rata 93% dengan kategori “sangat baik”, dan hasil uji validitas oleh ahli media yang mendapat persentase rata-rata 90% dengan kategori “sangat baik”. Hasil uji coba kelayakan perorangan memperoleh persentase rata-rata 92,6% dengan kategori “sangat baik” dan hasil uji coba kelompok kecil mendapat persentase rata-rata 89,6% dengan kategori “sangat baik” dan hasil uji coba kelompok besar mendapat persentase rata-rata 91,2% dengan kategori “sangat baik”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran Pop-up Book; Dasar Desain; Pengelompokan Warna |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 02:45 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55767 |