Pengembangan Media Pop-up Book Mata Pelajaran Dasar Desain Materi Pengelompokan Warna di SMK Pemda Lubuk Pakam

Khairiyah, Riqah (2024) Pengembangan Media Pop-up Book Mata Pelajaran Dasar Desain Materi Pengelompokan Warna di SMK Pemda Lubuk Pakam. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5183143001_Cover.pdf] Text
5183143001_Cover.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 5183143001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5183143001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of 5183143001_Kata_Pengantar.pdf] Text
5183143001_Kata_Pengantar.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 5183143001_Abstrak.pdf] Text
5183143001_Abstrak.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 5183143001_Daftar_Isi.pdf] Text
5183143001_Daftar_Isi.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 5183143001_Daftar_Tabel.pdf] Text
5183143001_Daftar_Tabel.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 5183143001_Daftar_Gambar.pdf] Text
5183143001_Daftar_Gambar.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 5183143001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5183143001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 5183143001_BAB_I.pdf] Text
5183143001_BAB_I.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 5183143001_BAB_V.pdf] Text
5183143001_BAB_V.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of 5183143001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5183143001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (120kB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran dapat mewujudkan situasi pembelajaran yang efektif. Pembelajaran di SMK Pemda Lubuk Pakam memaksimalkan penggunaan media yang bertujuan untuk: (1) untuk mengembangkan media pembelajaran pop-up book mata pelajaran dasar desain di SMK Pemda Lubuk Pakam. (2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran pop-up book mata
pelajaran dasar desain materi pengelompokan warna di SMK Pemda Lubuk Pakam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada penelitian pengembangan 4D diamana memiliki 4 tahapan yaitu (1) tahap pendefinisian (Define), (2) tahap perencanaan (Design), (3) tahap pengembangan (Development). Dan tahap penyebarluasan (Dessiminate). Penelitian ini terdiri dari 4 orang validator, yaitu 2
orang ahli materi dan 2 orang ahli media, serta subjek penelitian ini terdiri 33 orang siswa kelas X SMK Pemda Lubuk Pakam. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket/instrumen. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk pop-up book pengelompokan warna dengan uji validitas oleh ahli materi yang mendapat persentase rata-rata 93% dengan kategori “sangat baik”, dan hasil uji validitas oleh ahli media yang mendapat persentase rata-rata 90% dengan kategori “sangat baik”. Hasil uji coba kelayakan perorangan memperoleh persentase rata-rata 92,6% dengan kategori “sangat baik” dan hasil uji coba kelompok kecil mendapat persentase rata-rata 89,6% dengan kategori “sangat baik” dan hasil uji coba kelompok besar mendapat persentase rata-rata 91,2% dengan kategori “sangat baik”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Pop-up Book; Dasar Desain; Pengelompokan Warna
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT490 Clothing manufacture. Dressmaking. Tailoring
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Apr 2024 02:45
Last Modified: 29 Apr 2024 02:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55767

Actions (login required)

View Item
View Item