Siregar, Zulaifatul Husna (2023) PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 4 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111062_Cover.pdf
Download (50kB)
4191111062_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (180kB)
4191111062_Abstrak.pdf
Download (294kB)
4191111062_Kata_Pengantar.pdf
Download (189kB)
4191111062_Daftar_Isi.pdf
Download (119kB)
4191111062_BAB_I.pdf
Download (213kB)
4191111062_BAB_V.pdf
Download (365kB)
4191111062_Daftar_Pustaka.pdf
Download (338kB)
Abstract
Disposisi matematis dibutuhkan siswa dalam menunjang kemampuan komunikasi matematis siswa. Kemampuan komunikasi matematis menjadi salah satu komponen penting yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Salah satu pendukung kemampuan komunikasi matematis siswa menjadi baik diperlukan adanya sikap positif terhadap matematika seperti kepercayaan diri, ketekunan, rasa ingin tahu, berpikir terbuka atau fleksibel dalam melaksanakan berbagai kegiatan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh disposisi matematis siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Kisaran tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 216 siswa. Sampel penelitian berjumlah 70 siswa dengan teknik pengambilan sampel secara sample random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket untuk mengukur disposisi matematis dan instrumen tes uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis yang digunakan dalam pengujian hipotesis penelitian adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 4 Kisaran tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini terlihat pada koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0,770, yang artinya pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 77%. Persamaan regresi linier sederhana yang terbentuk yaitu �=20,608+0,817�, jadi apabila disposisi matematis siswa (X) meningkat satu poin maka kemampuan komunikasi matematis siswa (Y) akan bertambah 0,817.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sir p |
Keywords: | Disposisi matematis; Komunikasi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 03:04 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55766 |