Fakhrurrozi (2023) PENGARUH PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI SMP SWASTA ISLAM TERPADU AL – HIJRAH DELI SERDANG. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4163111019_Cover.pdf
Download (137kB)
4163111019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (219kB)
4163111019_Abstrak.pdf
Download (147kB)
4163111019_Kata_Pengantar.pdf
Download (159kB)
4163111019_Daftar_Isi.pdf
Download (139kB)
4163111019_Daftar_Gambar.pdf
Download (144kB)
4163111019_Daftar_Tabel.pdf
Download (60kB)
4163111019_Daftar_Lampiran.pdf
Download (86kB)
4163111019_BAB_I.pdf
Download (686kB)
4163111019_BAB_V.pdf
Download (183kB)
4163111019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (277kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeahui seberapa jauh pengaruh Pendekatan Matematika Realistik (PMR) terhadap kemampuan repesentasi matematika siswa di SMP Islam Terpadu Al-Hijrah Deli Serdang Tahun Ajaran 2022/2023 dan mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematika dengan menerapkan
Pendekatan Matematika Realistik (PMR) di SMP Islam Terpadu Al-Hijrah Deli Serdang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimental dengan desain penelitian One-Group Pretest-Postest Design, Sampel penelitian ini 32 siswa dari kelas VIII-A dan VIII-B yang dipilih melalui teknik pengambilan sampel simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan nilai rata-rata hasil tes kemampuan representasi matematika siswa pada pretest sebesar 66,41 dan pada postest sebesar 81,17. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t dengan uji
prasyarat yang telah dipenuhi dan sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil uji t dengan analisis regresi dan pada taraf signifikasi α = 0,05 diperoleh harga t hitung = 8,630 dengan t tabel = 1,697 karena thitung > ttabel dan sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan pembelajaran yang diajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistisk (PMR) berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan representasi matematika siswa. Deskripsi N-gain juga menujukkan perolehan nilai gain score = 0,440, maka dari
analisis tersebut terdapat peningkatan kemampuan representasi siswa yang diajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dengan kategori sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematika siswa meningkat ketika diajarkan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Representasi; Matematika Siswa; Pendekatan Matematika Realistik (PMR) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 29 Apr 2024 02:25 |
Last Modified: | 29 Apr 2024 02:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55758 |