PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN

Andika, Christian Javieri (2023) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191111061_Cover.pdf] Text
4191111061_Cover.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4191111061_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191111061_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (699kB)
[thumbnail of 4191111061_Abstrak.pdf] Text
4191111061_Abstrak.pdf

Download (502kB)
[thumbnail of 4191111061_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191111061_Kata_Pengantar.pdf

Download (491kB)
[thumbnail of 4191111061_Daftar_Isi.pdf] Text
4191111061_Daftar_Isi.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of 4191111061_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191111061_Daftar_Tabel.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of 4191111061_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191111061_Daftar_Gambar.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 4191111061_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191111061_Daftar_Lampiran.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of 4191111061_BAB_I.pdf] Text
4191111061_BAB_I.pdf

Download (773kB)
[thumbnail of 4191111061_BAB_V.pdf] Text
4191111061_BAB_V.pdf

Download (401kB)
[thumbnail of 4191111061_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191111061_Daftar_Pustaka.pdf

Download (493kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika yang diajar dengan kedua model tersebut dan mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang diajar menggunakan model PBL lebih tinggi daaripada yang diajar denan moddel kooperatif tipe STAD . Peneitian ini merupakan penelitian yang termasuk kedalam kategori eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-posttest control group design yang merupakan bentuk desain yang melibatkan dua kelompok kelas eksperimen. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil uji N-Gain dengan rata-rata nilai N-Gain pada kelas eksperimen 1 yaitu 0,737 sesuai dengan kriteria indeks Gain berada pada kategori tinggi dan rata-rata nilai N-Gain pada kelas eksperimen 2 yaitu 0,611 sesuai dengan kriteria indeks Gain berada pada kategori sedang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, karena data berdistribusi normal dan homogen maka uji hipotesis dilakukan dengan uji-t. Melalui uji-t yang telah dilakukan diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 2,467 > 1,994. Oleh karena itu H0 ditolak yang berarti bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang diajar menggunakan model PBL lebih tinggi daripada yang diajar dengan model kooperatif tipe STAD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Problem Based Learning; Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division; Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 28 Apr 2024 01:14
Last Modified: 21 May 2024 05:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55728

Actions (login required)

View Item
View Item