PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 4 KISARAN

Anjani, Astri (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 4 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4191121032_Cover.pdf] Text
4191121032_Cover.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 4191121032_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4191121032_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4191121032_Abstrak.pdf] Text
4191121032_Abstrak.pdf

Download (903kB)
[thumbnail of 4191121032_Kata_Pengantar.pdf] Text
4191121032_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4191121032_Daftar_Isi.pdf] Text
4191121032_Daftar_Isi.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of 4191121032_Daftar_Tabel.pdf] Text
4191121032_Daftar_Tabel.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 4191121032_Daftar_Gambar.pdf] Text
4191121032_Daftar_Gambar.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 4191121032_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4191121032_Daftar_Lampiran.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 4191121032_BAB_V.pdf] Text
4191121032_BAB_V.pdf

Download (617kB)
[thumbnail of 4191121032_BAB_I.pdf] Text
4191121032_BAB_I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4191121032_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4191121032_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan media dibutuhkan untuk mendukung proses belajar siswa, hasil angket awal ditemukan minat siswa tinggi terhadap media video. Media video pembelajaran dapat dikembangkatl menggunakan-_pendekatan pembelajaran, Salah satu pendekatan pembelajaran yang bisa digunakan dalam video pembelajaran adalah pendekatan STEM. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas penggunaan media video pembelajaran ft'erbasis STEM yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Kisaran, media pembelajaran yang dikembangkan akan menggunakan penelitian pengembangan RnD (research and "evelopment). Model pengembangan yang digunakan adalah model 41) Oleh Thiagarajan4Teknik pengumpulan data yakpi berupa wawancara, tes, dan angket. Teknik yang digunakan untuk mengo ah data pengembangan produk yaitu analisis isi, analisis deskriptif, dan analisis dji t. Media video pembelajaran Fisika berbasis S dikembangkan mendapatkan nilai rata-rata validator sebesar 96% d sygi _dal!1 denean 191ai rata-rata kedua aspek sebesar 9 bertibelajaéàn Fisgkaâ'erbasis STEM yang dikembangkan masuk ke dalam kriteria sangat layak dan valid. Rata-rata nilai uji kepraktisan pengguna adalah sebesar 90.6% sehingga media video pembelajaran Fisika yang dikembangkan dianggap sangat praktis oleh pengguna. Nilai pre-test dan post-test siswa yang dibandingkan dengan uji N-Gain mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,32 menunjukkan terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa dalam kategori sedang. Nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan media video pembelajaran yang dikembangkan terhadap penguasaan konsep siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: STEM; Video pembelajaran; RnD; 4D; Fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics > QC251 Heat
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 27 Apr 2024 07:45
Last Modified: 28 Apr 2024 00:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55722

Actions (login required)

View Item
View Item