Anjani, Astri (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA NEGERI 4 KISARAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191121032_Cover.pdf
Download (169kB)
4191121032_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
4191121032_Abstrak.pdf
Download (903kB)
4191121032_Kata_Pengantar.pdf
Download (1MB)
4191121032_Daftar_Isi.pdf
Download (620kB)
4191121032_Daftar_Tabel.pdf
Download (207kB)
4191121032_Daftar_Gambar.pdf
Download (68kB)
4191121032_Daftar_Lampiran.pdf
Download (297kB)
4191121032_BAB_V.pdf
Download (617kB)
4191121032_BAB_I.pdf
Download (2MB)
4191121032_Daftar_Pustaka.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penggunaan media dibutuhkan untuk mendukung proses belajar siswa, hasil angket awal ditemukan minat siswa tinggi terhadap media video. Media video pembelajaran dapat dikembangkatl menggunakan-_pendekatan pembelajaran, Salah satu pendekatan pembelajaran yang bisa digunakan dalam video pembelajaran adalah pendekatan STEM. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas penggunaan media video pembelajaran ft'erbasis STEM yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Kisaran, media pembelajaran yang dikembangkan akan menggunakan penelitian pengembangan RnD (research and "evelopment). Model pengembangan yang digunakan adalah model 41) Oleh Thiagarajan4Teknik pengumpulan data yakpi berupa wawancara, tes, dan angket. Teknik yang digunakan untuk mengo ah data pengembangan produk yaitu analisis isi, analisis deskriptif, dan analisis dji t. Media video pembelajaran Fisika berbasis S dikembangkan mendapatkan nilai rata-rata validator sebesar 96% d sygi _dal!1 denean 191ai rata-rata kedua aspek sebesar 9 bertibelajaéàn Fisgkaâ'erbasis STEM yang dikembangkan masuk ke dalam kriteria sangat layak dan valid. Rata-rata nilai uji kepraktisan pengguna adalah sebesar 90.6% sehingga media video pembelajaran Fisika yang dikembangkan dianggap sangat praktis oleh pengguna. Nilai pre-test dan post-test siswa yang dibandingkan dengan uji N-Gain mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,32 menunjukkan terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa dalam kategori sedang. Nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan media video pembelajaran yang dikembangkan terhadap penguasaan konsep siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | STEM; Video pembelajaran; RnD; 4D; Fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 27 Apr 2024 07:45 |
Last Modified: | 28 Apr 2024 00:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55722 |