Pengaruh Metode Brainwriting Berbantuan Media Film Pendek Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Pada Siswa Kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2022/2023

Sitanggang, Jenni Marlina (2023) Pengaruh Metode Brainwriting Berbantuan Media Film Pendek Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Pada Siswa Kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2193311005 COVER.pdf] Text
1. NIM.2193311005 COVER.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 2. NIM.2193311005 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2193311005 APPROVAL SHEET.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 3. NIM.2193311005 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2193311005 ABSTRACT.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4. NIM.2193311005 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2193311005 PREFACE.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5. NIM.2193311005 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2193311005 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 6. NIM.2193311005 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM.2193311005 LIST OF TABLE.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 7. NIM.2193311005 CHAPTER I.pdf] Text
7. NIM.2193311005 CHAPTER I.pdf

Download (507kB)
[thumbnail of 11. NIM.2193311005 CHAPTER V.pdf] Text
11. NIM.2193311005 CHAPTER V.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 12. NIM.2193311005 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
12. NIM.2193311005 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (303kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam masih tergolong rendah serta guru belum menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran sehingga perlu diterapkannya metode dan media
pembelajaran, salah satunya adalah metode brainwriting berbantuan media Film Pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode brainwriting berbantuan media film pendek terhadap kemampuan menulis
teks cerita pendek pada siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah 140 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan salah satu kelas yaitu kelas XI-MIPA 2 dengan
jumlah 36 siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test post-test .Hasil penelitian dan kesimpulan dari penelitian ini adalah: Kemampuan siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2022/2023 dalam menulis teks cerita pendek sebelum menggunakan metode brainwriting berbantuan media film pendek termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 58,58 dengan standar deviasi 9,91176349. Kemampuan siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2022/2023 dalam menulis teks cerita pendek sesudah menggunakan metode brainwriting berbantuan media film pendek termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,83 dengan standar deviasi 6,247222. Pengujian hipotesis memperoleh, �ℎ����� > ������ yaitu 10,22516 > 2,03452 hal ini menjadi bukti
bahwa adanya pengaruh yang signifikan atau �� diterima dari metode brainwriting berbantuan media film pendek pada siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2022/2023 yang telah mengalami peninngkatan sesudah menggunakan metode brainwriting berbantuan media film pendek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh, Brainwriting, Film Pendek, Cerita Pendek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 26 Apr 2024 09:59
Last Modified: 26 Apr 2024 09:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55711

Actions (login required)

View Item
View Item