Sitanggang, Jenni Marlina (2023) Pengaruh Metode Brainwriting Berbantuan Media Film Pendek Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Pada Siswa Kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2193311005 COVER.pdf
Download (166kB)
2. NIM.2193311005 APPROVAL SHEET.pdf
Download (2MB)
3. NIM.2193311005 ABSTRACT.pdf
Download (248kB)
4. NIM.2193311005 PREFACE.pdf
Download (1MB)
5. NIM.2193311005 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (290kB)
6. NIM.2193311005 LIST OF TABLE.pdf
Download (200kB)
7. NIM.2193311005 CHAPTER I.pdf
Download (507kB)
11. NIM.2193311005 CHAPTER V.pdf
Download (275kB)
12. NIM.2193311005 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (303kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam masih tergolong rendah serta guru belum menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran sehingga perlu diterapkannya metode dan media
pembelajaran, salah satunya adalah metode brainwriting berbantuan media Film Pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode brainwriting berbantuan media film pendek terhadap kemampuan menulis
teks cerita pendek pada siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah 140 siswa. Sampel penelitian ini menggunakan salah satu kelas yaitu kelas XI-MIPA 2 dengan
jumlah 36 siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain one group pre-test post-test .Hasil penelitian dan kesimpulan dari penelitian ini adalah: Kemampuan siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2022/2023 dalam menulis teks cerita pendek sebelum menggunakan metode brainwriting berbantuan media film pendek termasuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 58,58 dengan standar deviasi 9,91176349. Kemampuan siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2022/2023 dalam menulis teks cerita pendek sesudah menggunakan metode brainwriting berbantuan media film pendek termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,83 dengan standar deviasi 6,247222. Pengujian hipotesis memperoleh, �ℎ����� > ������ yaitu 10,22516 > 2,03452 hal ini menjadi bukti
bahwa adanya pengaruh yang signifikan atau �� diterima dari metode brainwriting berbantuan media film pendek pada siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2022/2023 yang telah mengalami peninngkatan sesudah menggunakan metode brainwriting berbantuan media film pendek
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh, Brainwriting, Film Pendek, Cerita Pendek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 09:59 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 09:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55711 |