Bako, Hariyani Fazrin (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran KWL (Know Want To Know Learned) Terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal Tahun Pembelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2193111011 COVER.pdf
Download (67kB)
2. NIM.2193111011 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM.2193111011 ABSTRACT.pdf
Download (138kB)
4. NIM.2193111011 PREFACE.pdf
Download (348kB)
5. NIM.2193111011 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (130kB)
6. NIM.2193111011 LIST OF FIGURE.pdf
Download (69kB)
7. NIM.2193111011 LIST OF TABLE.pdf
Download (71kB)
8. NIM.2193111011 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (72kB)
9. NIM.2193111011 CHAPTER I.pdf
Download (410kB)
13. NIM.2193111011 CHAPTER V.pdf
Download (100kB)
14. NIM.2193111011 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (250kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran KWL (Know Want to know Learned) terhadap kemampuan menceritakan kembali isi teks biografi siswa kelas X MAS Amaliyah Sunggal tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Amaliyah Sunggal tahun pembelajatan 2022/2023. Untuk penelitian ini, di ambil kelas X IPA 1 berjumlah 33 siswa sebagai kelompok kontrol dan X IPA 3 berjumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen melalui teknik random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Control Group Post-Test Design. Berdasarkan data distribusi yang diperoleh: 1) kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata 71,5 dengan standar deviasi 7,03; dan 2) kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata 82,4 dengan
standar deviasi 6,30. Hasil perhitungan uji normalitas, diperoleh: 1) kelompok kontrol memperoleh Lhitung < Ltabel = 0,022 < 0,300. Hal ini membuktikan bahwa data kontrol berdistribusi normal. Kelompok eksperimen memperoleh Lhitung < Ltabel = -0,003 < 0,319. Hal ini membuktikan bahwa data eksperimen berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahui hasil uji hopetesis sebesar 6,52 dan hal tersebut dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf
signifikasi α = 0,05 dan dk = 36+33-2 = 67, pada taraf nyata α = 5% diperoleh ttabel = 1,99601. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,52 > 1,99601
sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa metode KWL lebih berpengaruh terhadap kemampuan menceritakan kembali isi teks biografi siswa kelas X MAS Amaliyah Sunggal Tahun Pembelajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode KWL (Know Want to know Learned), Teks Biografi |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > CT Biography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 09:13 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 09:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55702 |