Pengaruh Metode Pembelajaran KWL (Know Want To Know Learned) Terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal Tahun Pembelajaran 2022/2023

Bako, Hariyani Fazrin (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran KWL (Know Want To Know Learned) Terhadap Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal Tahun Pembelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2193111011 COVER.pdf] Text
1. NIM.2193111011 COVER.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of 2. NIM.2193111011 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2193111011 APPROVAL SHEET.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. NIM.2193111011 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2193111011 ABSTRACT.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 4. NIM.2193111011 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2193111011 PREFACE.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 5. NIM.2193111011 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2193111011 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 6. NIM.2193111011 LIST OF FIGURE.pdf] Text
6. NIM.2193111011 LIST OF FIGURE.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 7. NIM.2193111011 LIST OF TABLE.pdf] Text
7. NIM.2193111011 LIST OF TABLE.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 8. NIM.2193111011 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
8. NIM.2193111011 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 9. NIM.2193111011 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM.2193111011 CHAPTER I.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of 13. NIM.2193111011 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM.2193111011 CHAPTER V.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 14. NIM.2193111011 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM.2193111011 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (250kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode pembelajaran KWL (Know Want to know Learned) terhadap kemampuan menceritakan kembali isi teks biografi siswa kelas X MAS Amaliyah Sunggal tahun pembelajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Amaliyah Sunggal tahun pembelajatan 2022/2023. Untuk penelitian ini, di ambil kelas X IPA 1 berjumlah 33 siswa sebagai kelompok kontrol dan X IPA 3 berjumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen melalui teknik random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Control Group Post-Test Design. Berdasarkan data distribusi yang diperoleh: 1) kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata 71,5 dengan standar deviasi 7,03; dan 2) kelompok eksperimen memiliki nilai rata-rata 82,4 dengan
standar deviasi 6,30. Hasil perhitungan uji normalitas, diperoleh: 1) kelompok kontrol memperoleh Lhitung < Ltabel = 0,022 < 0,300. Hal ini membuktikan bahwa data kontrol berdistribusi normal. Kelompok eksperimen memperoleh Lhitung < Ltabel = -0,003 < 0,319. Hal ini membuktikan bahwa data eksperimen berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahui hasil uji hopetesis sebesar 6,52 dan hal tersebut dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf
signifikasi α = 0,05 dan dk = 36+33-2 = 67, pada taraf nyata α = 5% diperoleh ttabel = 1,99601. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu 6,52 > 1,99601
sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa metode KWL lebih berpengaruh terhadap kemampuan menceritakan kembali isi teks biografi siswa kelas X MAS Amaliyah Sunggal Tahun Pembelajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode KWL (Know Want to know Learned), Teks Biografi
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CT Biography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 26 Apr 2024 09:13
Last Modified: 26 Apr 2024 09:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55702

Actions (login required)

View Item
View Item