Lahagu, Besteman (2023) PENGARUH MODEL PEMBELARAN BERBASIS MASALAHBERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMAN 11 MEDAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193121038_Cover.pdf
Download (224kB)
4193121038_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (533kB)
4193121038_Abstrak.pdf
Download (412kB)
4193121038_Kata_Pengantar.pdf
Download (330kB)
4193121038_Daftar_Isi.pdf
Download (112kB)
4193121038_Daftar_Gambar.pdf
Download (217kB)
4193121038_Daftar_Tabel.pdf
Download (224kB)
4193121038_Daftar_Lampiran.pdf
Download (335kB)
4193121038_BAB_I.pdf
Download (660kB)
4193121038_BAB_V.pdf
Download (461kB)
4193121038_Daftar_Pustaka.pdf
Download (423kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran berbasis masalah berbantuan video animasi terhadap hasil belajar
siswa pada materi pokok usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah quasi
eksperimen (eksperimen semu) dengan desain two group pretes postes design.
Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 11 Medan
T.P. 2022/2023 yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan
dengan cara purpose sampling terpilih kelas X MIPA 4 sebagai kelas
eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang
digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal
dan lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata
pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 36,83 dan 33,83.
Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung < ttabel yaitu 1,4191 < 2,002 pada taraf
signifikan = 0,05 dan dk = 58, dinyatakan H0 diterima atau kedua kelas
memiliki kemampuan awal yang sama. Diberi perlakuan, diperoleh nilai ratarata
postes kelas eksperimen dengan pembelajaran berbasis masalah 76,8 dan
kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional 56 . Hasil pengujian hipotesis
diperoleh thitung (6,35) > ttabel (1,671) pada taraf signifikan = 0,05, dinyatakan
bahwa Ha diterima berarti ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar
siswa setelah diberikan perlakuan model pembelajaran berbasis masalah
berbantuan video animasi pada materi usaha dan energi di kelas X SMA Negeri
11 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil Belajar; Video animasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 08:27 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55686 |