Schwester, Tio Sania (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Lectora Inspire Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bahan Makanan Di SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5173142034_Cover.pdf
Download (314kB)
5173142034_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (425kB)
5173142034_Kata_Pengantar.pdf
Download (299kB)
5173142034_Abstrak.pdf
Download (287kB)
5173142034_Daftar_Isi.pdf
Download (408kB)
5173142034_Daftar_Tabel.pdf
Download (257kB)
5173142034_Daftar_Lampiran.pdf
Download (259kB)
5173142034_BAB_I.pdf
Download (508kB)
5173142034_BAB_V.pdf
Download (283kB)
5173142034_Daftar_Pustaka.pdf
Download (403kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan yang menggunakan media pembelajaran Lectora Inspire. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengetahuan bahan
makanan yang menggunakan media pembelajaran Powerpoint. (3) Pengaruh penggunaan media pembelajaran Lectora Inspire terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan. Tempat penelitian di SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan T.A 2022/2023. Waktu penelitian bulan April 2023. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X Boga dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengampilan sampel yakni sampling jenuh, kelas X Boga 1 dengan jumlah 30
siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X Boga 2 dengan jumlah 30 siswa sebagai kelas Eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data yaitu distribusi frekuensi dan uji kecenderungan.
Persyaratan analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat kecenderungan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan yang menggunakan media pembelajaran Lectora Inspire sebesar 90,00 persen termasuk kategori tinggi. Berdasarkan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan yang menggunakan media pembelajaran Powerpoint sebesar 53,33 persen termasuk kategori cukup. Berdasarkan hasil uji-t terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan media pembelajaran Lectora Inspire terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan dengan nilai thitung > ttabel (4,4 > 1,67), pada taraf signifikan 5
persen. Artinya media pembelajaran Lectora Inspire berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran; Lectora Inspire; Powerpoint; Pengetahuan Bahan Makanan |
Subjects: | T Technology > TX Home economics > TX341 Nutrition. Foods and food supply T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2024 01:54 |
Last Modified: | 26 Apr 2024 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55649 |