Pengembangan Media Pembelajaran Quiz Matematika Interaktif Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Medan

Pardede, Aris Saputra (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Quiz Matematika Interaktif Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4173311010_Cover.pdf] Text
4173311010_Cover.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 4173311010_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173311010_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of 4173311010_Abstrak.pdf] Text
4173311010_Abstrak.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4173311010_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173311010_Kata_Pengantar.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 4173311010_Daftar_Isi.pdf] Text
4173311010_Daftar_Isi.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 4173311010_Daftar_Gambar.pdf] Text
4173311010_Daftar_Gambar.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4173311010_Daftar_Tabel.pdf] Text
4173311010_Daftar_Tabel.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 4173311010_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4173311010_Daftar_Lampiran.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4173311010_BAB_I.pdf] Text
4173311010_BAB_I.pdf

Download (596kB)
[thumbnail of 4173311010_BAB_V.pdf] Text
4173311010_BAB_V.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 4173311010_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173311010_Daftar_Pustaka.pdf

Download (231kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika yang
valid, efektif dan efisien serta dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa melalui pembelajaran berbasis web. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan
R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Ipa
1 yang berjumlah 25 orang. Hasil dari penelitian ini sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu
menghasilkan media yang valid, efektif dan efisien serta kemampuan pemecahan masalah siswa
dengan kategori sedang. Media ini dikategorikan sangat valid oleh validator ahli materi dengan
persentase sebesar 88,75% dan validator ahli media dengan persentase sebesar 82,08%.
Berdasarkan ketuntasan siswa, media ini dinyatakan sangat efektif dengan persentase ketuntasan
sebesar 88%. Media ini dinyatakan sangat praktis dilihat dari respon guru dengan persentase
84,28% dan respon siswa dengan persentase 85,71%. Tingkat pemecahan masalah pada siswa
tergolong sedang dengan rentang nilai n-gainnya 0,30-0,70

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media pembelajaran; Quiz matematika interaktif; Kemampuan pemecahan masala
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 25 Apr 2024 08:17
Last Modified: 25 Apr 2024 08:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55619

Actions (login required)

View Item
View Item