Pengembangan Materi Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023

Lumban Tobing, Erlisa Kambera Nauli (2023) Pengembangan Materi Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2191111009 COVER.pdf] Text
1. NIM.2191111009 COVER.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 2. NIM.2191111009 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2191111009 APPROVAL SHEET.pdf

Download (749kB)
[thumbnail of 3. NIM.2191111009 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2191111009 ABSTRACT.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of 4. NIM.2191111009 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2191111009 PREFACE.pdf

Download (377kB)
[thumbnail of 5. NIM.2191111009 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2191111009 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (677kB)
[thumbnail of 6. NIM.2191111009 LIST OF FIGURE.pdf] Text
6. NIM.2191111009 LIST OF FIGURE.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of 7. NIM.2191111009 LIST OF TABLE.pdf] Text
7. NIM.2191111009 LIST OF TABLE.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of 8. NIM.2191111009 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
8. NIM.2191111009 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 9. NIM.2191111009 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM.2191111009 CHAPTER I.pdf

Download (980kB)
[thumbnail of 13. NIM.2191111009 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM.2191111009 CHAPTER V.pdf

Download (718kB)
[thumbnail of 14. NIM.2191111009 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM.2191111009 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (580kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan materi menulis teks deskripsi menggunakan model Mind Mapping pada mata pelajaran Bahasa Indonesia; 2) menganalisis kelayakan materi menulis teks deskripsi menggunakan model Mind Mapping sebagai bahan ajar pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Metode pengembangan yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono dengan lima tahapan. Tahapan pengembangan meliputi analisis potensi dan
masalah, melakukan pengumpulan data, mendesain produk pengembangan, melakukan validasi, dan merevisi produk. Pengembangan divalidasi oleh dua validator yakni ahli materi dengan penilaian mencapai 86% masuk dalam kategori sangat layak, validasi ahli media dengan penilaian mencapai 74% masuk kategori layak. Dari keseluruhan penilaian kelayakan materi ajar yang sudah dipaparkan, materi ajar teks deskripsi menggunakan model Mind Mapping untuk kelas VII ini
memiliki kualitas layak dan dapat diterima sebagai salah satu bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Materi Ajar, Mind Mapping, Teks Deskripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 25 Apr 2024 08:16
Last Modified: 25 Apr 2024 08:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55616

Actions (login required)

View Item
View Item