Nazifah, Syekila (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Jurusan TAV (Teknik Audio Video) Kelas X Di SMK Swasta Paba Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.
5192131001_Cover.pdf
Download (79kB)
5192131001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (468kB)
5192131001_Kata_Pengantar.pdf
Download (158kB)
5192131001_Abstrak.pdf
Download (124kB)
5192131001_Daftar_Isi.pdf
Download (67kB)
5192131001_Daftar_Tabel.pdf
Download (34kB)
5192131001_Daftar_Gambar.pdf
Download (94kB)
5192131001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (36kB)
5192131001_BAB_I.pdf
Download (352kB)
5192131001_BAB_V.pdf
Download (189kB)
5192131001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (189kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kecenderungan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). (2) mengetahui kecenderungan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning (DL) (3) mengetahui adakah perbedaan antara
penerapan model pembelajaran project based learning (PJBL) dengan model pembelajaran discovery learning (DL). Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap 2023. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang menggunakan data kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Hasil penelitian pada kelas eksperimen adalah tingkat kecenderungan skor data variabel kepercayaan kategori sangat rendah; 10% (3 responden), dengan kategori rendah; 40% (12 responden), kategori tinggi; 43% (13 responden) serta kategori sangat tinggi; 7% (2 responden). Dengan demikian, kepercayaan pada umumnya berada pada kategori “Tinggi”, pada kelas kontrol tingkat
kecenderungan skor data variabel kepercayaan kategori sangat rendah (7%), 13 siswa dengan kategori rendah (43%), 15 siswa dengan kategori tinggi (50%), dan tidak ada siswa yang kategori sangat tinggi (0%). Dengan demikian kepercayaan
pada umumnya berada pada kategori “tinggi”. Berdasarkan uji hipotesis sample t test menggunakan independent sample t test 2 pihak, dengan menilai kemampuan kognitif siswa dapat kita lihat nilai rata rata kelas Eksperimen yaitu 87 sedangkan nilai rata rata pada kelas kontrol 80 sehingga dapat dikatakan Model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dari Model Pembelajaran Discovery Learning
terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran dasar listrik dan elektronika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran; Project Based Learning; Discovery Learning dan Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 07:26 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55595 |