Azmi, Syarifah Sheily (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Smart Apps Creator (SAC) Pada Mata Pelajaran Informatika di SMK Swasta Rahmat Islamiyah Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5191151016_Cover.pdf
Download (75kB)
5191151016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (703kB)
5191151016_Kata_Pengantar.pdf
Download (404kB)
5191151016_Abstrak.pdf
Download (375kB)
5191151016_Daftar_Isi.pdf
Download (265kB)
5191151016_Daftar_Tabel.pdf
Download (259kB)
5191151016_Daftar_Gambar.pdf
Download (229kB)
5191151016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (259kB)
5191151016_BAB_I.pdf
Download (544kB)
5191151016_BAB_V.pdf
Download (399kB)
5191151016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (430kB)
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis Android dan juga untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran Informatika di Kelas X TKJ SMK Swasta Rahmat Islamiyah Medan. Pengembangan media pembelajaran
menggunakan Smart Apps Creator (SAC) merupakan proses perancangan dan pembuatan media pembelajaran dengan konsep pembelajaran dimana saja dan kapan saja yang tidak terpaku pada ruang kelas dan waktu jam belajar di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yaitu analyze, design, development, implementation, evaluation. Subjek penelitian ini adalah 24 Siswa TKJ 2 SMK Swasta Rahmat Islamiyah Medan.Kelayakan media pembelajaran berdasarkan keseluruhan rata-rata hasil ahli materi 4,65 yang berarti “Sangat Layak”, ahli media 4,34 yang berarti “Sangat Layak”, dan Akseptabilitas Pengguna Produk 4,56 yang berarti “Sangat Layak. Jadi dapat dikatakan secara umum bahwa media pembelajaran yang dibuat sepenuhnya dapat digunakan dan Hasil penelitian uji efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis android pada siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran Informatika menunjukkan penggunaan
media pembelajaran berbasis Android memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan
menggunakan media tersebut lebih tinggi yaitu 84,48. Sementara siswa kelas kontrol atau siswa yang kegiatan belajarnya tanpa media pembelajaran berbasis Android memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 68,54.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Android; Informatika |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 07:21 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55593 |