PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS VII

Hutasoit, Anggry F (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL SISWA KELAS VII. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193111036_Cover.pdf] Text
4193111036_Cover.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of 4193111036_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111036_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (878kB)
[thumbnail of 4193111036_Abstrak.pdf] Text
4193111036_Abstrak.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 4193111036_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111036_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193111036_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111036_Daftar_Isi.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4193111036_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111036_Daftar_Gambar.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 4193111036_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111036_Daftar_Tabel.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 4193111036_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111036_Daftar_Lampiran.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 4193111036_BAB_I.pdf] Text
4193111036_BAB_I.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 4193111036_BAB_V.pdf] Text
4193111036_BAB_V.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 4193111036_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111036_Daftar_Pustaka.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruhmodel pembelajaran problem based learning menggunakan cabri 3dterhadap kemmapuan spasial siswa kelas VIII. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Berastagi T.A 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-7
sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaranproblem based learning menggunakan cabri 3d dan kelas control dengan pembelajaran konvensional. Perolehan hasil rata-rata skor tes akhir (posttest)siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 78,88, sedangkan pada kelas control hasil rata-rata skor tes akhir siswa yaitu sebesar 63,12. Pada uji hipotesis,
diperoleh hasil uji perbedaan rata-rata (uji-t) dengan statistic nilai �ℎi���g > ������ (7,024 > 1,669) yang artinya terdapat pengaruh dari penggunaan modelpembelajaran problem based learning menggunakan cabri 3d yang diterapkan pada kelas eksperimen. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas control

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Eksperimen; Statistik; Kelas kontrol
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 25 Apr 2024 04:29
Last Modified: 25 Apr 2024 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55562

Actions (login required)

View Item
View Item