Nasution, Lorita Febriza (2023) PENGARUH PENGGUNAAN SARANA PRASARANA RUANG PRAKTIK MENGGUNAKAN METODE PjBL TERHADAP HASIL BELAJAR APIG KELAS XI DPIB SMK N 14 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5181111001 COVER.pdf
Download (60kB)
2. NIM 5181111001 APPROVAL SHEET.pdf
Download (752kB)
3. NIM 5181111001 ABSTRACT.pdf
Download (64kB)
4. NIM 5181111001 PREFACE.pdf
Download (111kB)
5. NIM 5181111001 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (90kB)
6. NIM 5181111001 LIST OF PICTURES.pdf
Download (33kB)
7. NIM 5181111001 LIST OF TABLES.pdf
Download (34kB)
8. NIM 5181111001 LIST OF APPENDICES.pdf
Download (33kB)
9. NIM 5181111001 CHAPTER I.pdf
Download (505kB)
13. NIM 5181111001 CHAPTER V.pdf
Download (61kB)
14. NIM 5181111001 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (60kB)
Abstract
Project based Learning (PjBL) adalah sebuah model atau pendekatan
pembelajaran yang inovatif, yang menekankan belajar kontekstual melalui
kegiatan-kegiatan yang kompleks seperti memberi kebebasan pada peserta
didik untuk bereksplorasi merencanakan aktivitas belajar, melaksanakan
proyek secara kolaboratif, dan pada akhirnya menghasilkan suatu hasil produk.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui
pengaruh penggunaan sarana dan prasarana ruang praktik menggunakan
metode PjBL terhadap hasil belajar APIG kelas XI Desain Pemodelan Dan
Informasi Bangunan SMK Negeri 14 Medan.
Model penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dimana subjek
pada penelitian ini adalah siswa pada kelas XI DPIB 2 (kelas kontrol) dan XI DPIB 1
(kelas ekperimen), dengan hasil belajar sebagai alat untuk mengukur tingkat
pemahaman siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah rata-rata
nilai akhir yang terdiri dari nilai kognitif, afektif dan psikomotorik pada kelas kontrol
dan eksperimen. Rata-rata nilai akhir kelas kontrol adalah 77,49 dan pada kelas
eksperimen 85,10, dengan persentase ketuntasan kelas kontrol 52,78% dan kelas
eksperimen 91,67%. perolehan hasil penelitian bahwa penggunaan model
pembelajaran Project Based Learning memberikan pengaruh yang lebih baik.
Hal ini dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan bahwa rata-rata hasil
belajar peserta didik pada kemampuan kognitif yang diajar dengan model
pembelajaran PjBL sebesar 85,10 lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar siswa
yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional sebesar 77,49 hal ini
juga terlihat dari data hasil penelitian dengan uji linearitas (uji-F) terdapat nilai
signifikan F < 0,05 (0,01 < 0,05).
Penerapan metode pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan
aktivitas siswa pada proses pembelajaran Berdasarkan hasil penelitian maka
dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Project Based
Learning dapat meningkatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan
memaksimalkan pemanfaatan sarana prasarana ruang praktik, serta dapat
meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Sarana prasarana; Ruang praktik; PjBL,hasil belajar |
Subjects: | T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 04:22 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55560 |