PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VIII SMP PARULIAN 1 MEDAN

Silalahi, Angela Dinaro (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VIII SMP PARULIAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4181111060_Cover.pdf] Text
4181111060_Cover.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 4181111060_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4181111060_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4181111060_Abstrak.pdf] Text
4181111060_Abstrak.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 4181111060_Kata_Pengantar.pdf] Text
4181111060_Kata_Pengantar.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of 4181111060_Daftar_Isi.pdf] Text
4181111060_Daftar_Isi.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 4181111060_Daftar_Gambar.pdf] Text
4181111060_Daftar_Gambar.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 4181111060_Daftar_Tabel.pdf] Text
4181111060_Daftar_Tabel.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 4181111060_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4181111060_Daftar_Lampiran.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 4181111060_BAB_I.pdf] Text
4181111060_BAB_I.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of 4181111060_BAB_V.pdf] Text
4181111060_BAB_V.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 4181111060_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4181111060_Daftar_Pustaka.pdf

Download (376kB)

Abstract

Matematika artinya ilmu yg mengusut struktur tak berbentuhk dan bentuk interaksi pada dalamnya. Interaksi matematis dipakai sebagi alat dalam mengemukakan sebuah pendapat matematika secara llisan ataupun tulisan. Pembelajaran Think�Talk-Write (TTW) didesain buat mengonstruksi pandangan baru, merefleksi
pandangan baru, dan mengorganisasikan pandangan baru matematis. Penelitian ini bertujuan menggali bagaimana taktik penerapan contoh pembelajaran Think-Talk�Write dan melihat dampak penerapannya apakah bisa menaikkan kualitas komunikasi matematis siswa. Peneliti memakai jenis penelitian tindakan kelas yang dilangsungkan dalam II (dua) tahapan tes. Subyek penelitian ini adalah 21 peserta didik kelas VIII SMP Parulian 1 Medan. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa berdasarkan hasil tes kemampuan awal, jumlah nilai kemampuan komunikasi
matematis peserta didik sebesar 34,2%. Setelah dilakukan kegiatan tes pada siklus I, diketahui kemampuan komunikasi matematika rata-rata siswa meningkat menjadi 36,8%. Kemudian dilanjutkan pada siklus kedua (II) dan diperoleh hasil
persentase yang meningkat yaitu menjadi 88%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa peserta didik Kelas VIII SMP Parulian 1 Medan mengalami peningkatan kemampuan komunikasi matematis, sehingga pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write mampu
meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan komunikasi; Pelajaran matematika; Peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 25 Apr 2024 02:42
Last Modified: 25 Apr 2024 02:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55518

Actions (login required)

View Item
View Item