Silalahi, Angela Dinaro (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS VIII SMP PARULIAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4181111060_Cover.pdf
Download (49kB)
4181111060_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (201kB)
4181111060_Abstrak.pdf
Download (235kB)
4181111060_Kata_Pengantar.pdf
Download (514kB)
4181111060_Daftar_Isi.pdf
Download (271kB)
4181111060_Daftar_Gambar.pdf
Download (231kB)
4181111060_Daftar_Tabel.pdf
Download (346kB)
4181111060_Daftar_Lampiran.pdf
Download (232kB)
4181111060_BAB_I.pdf
Download (470kB)
4181111060_BAB_V.pdf
Download (236kB)
4181111060_Daftar_Pustaka.pdf
Download (376kB)
Abstract
Matematika artinya ilmu yg mengusut struktur tak berbentuhk dan bentuk interaksi pada dalamnya. Interaksi matematis dipakai sebagi alat dalam mengemukakan sebuah pendapat matematika secara llisan ataupun tulisan. Pembelajaran Think�Talk-Write (TTW) didesain buat mengonstruksi pandangan baru, merefleksi
pandangan baru, dan mengorganisasikan pandangan baru matematis. Penelitian ini bertujuan menggali bagaimana taktik penerapan contoh pembelajaran Think-Talk�Write dan melihat dampak penerapannya apakah bisa menaikkan kualitas komunikasi matematis siswa. Peneliti memakai jenis penelitian tindakan kelas yang dilangsungkan dalam II (dua) tahapan tes. Subyek penelitian ini adalah 21 peserta didik kelas VIII SMP Parulian 1 Medan. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa berdasarkan hasil tes kemampuan awal, jumlah nilai kemampuan komunikasi
matematis peserta didik sebesar 34,2%. Setelah dilakukan kegiatan tes pada siklus I, diketahui kemampuan komunikasi matematika rata-rata siswa meningkat menjadi 36,8%. Kemudian dilanjutkan pada siklus kedua (II) dan diperoleh hasil
persentase yang meningkat yaitu menjadi 88%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa peserta didik Kelas VIII SMP Parulian 1 Medan mengalami peningkatan kemampuan komunikasi matematis, sehingga pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write mampu
meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan komunikasi; Pelajaran matematika; Peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 02:42 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 02:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55518 |