Manurung, Anastasya Yosephine (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRYTERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193321029_Cover.pdf
Download (217kB)
4193321029_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (269kB)
4193321029_Abstrak.pdf
Download (62kB)
4193321029_Kata_Pengantar.pdf
Download (469kB)
4193321029_Daftar_Isi.pdf
Download (424kB)
4193321029_Daftar_Gambar.pdf
Download (212kB)
4193321029_Daftar_Tabel.pdf
Download (210kB)
4193321029_Daftar_Lampiran.pdf
Download (34kB)
4193321029_BAB_I.pdf
Download (482kB)
4193321029_BAB_V.pdf
Download (243kB)
4193321029_Daftar_Pustaka.pdf
Download (479kB)
Abstract
Pemilihan model pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan rendahnya keterampilan proses sains siswa SMA. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa dengan menerapkan model pembelajaran inquiry terbimbing dan model pembelajaran konvensional demikian juga pengaruh model
pembelajaran inquiry terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian two group pretests-posttest design. Populasi yang digunakan yaitu siswa kelas XI MIA SMA N 1 Silaen yang berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dan penentuan kelas dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random
sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA II sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes keterampilan proses sains berbentuk uraian sebanyak 10 butir soal yang telah dinyatakan valid oleh validator. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa
sehingga model pembelajaran inquiry terbimbing memberikan dampak positif terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi suhu dan kalor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Inquiry Terbimbing; Pembelajaran Konvensional; Keterampilan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 01:49 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 01:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55507 |