Pratiwi, Dwi Indah (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbantuan Video Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Swasta Pelita Desa Bulu Cina. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2191111018 COVER.pdf
Download (53kB)
2. NIM.2191111018 APPROVAL SHEET.pdf
Download (925kB)
3. NIM.2191111018 ABSTRACT.pdf
Download (99kB)
4. NIM.2191111018 PREFACE.pdf
Download (109kB)
5. NIM.2191111018 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (90kB)
6. NIM.2191111018 LIST OF TABLE.pdf
Download (35kB)
7. NIM.2191111018 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (33kB)
8. NIM.2191111018 CHAPTER I.pdf
Download (394kB)
12. NIM.2191111018 CHAPTER V.pdf
Download (61kB)
13. NIM.2191111018 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (88kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks prosedur siswa yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode pembelajaran demonstrasi berbantuan video dalam proses pembelajaran menulis teks prosedur oleh siswa kelas XI SMA Swasta Pelita Desa Bulu Cina. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Pelita Desa Bulu Cina, yaitu 50 orang. Sampel pada penelitian ini, yaitu siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 26 siswa, dan siswa kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 24 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain Two Group Posttest Design. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 79,5 berada pada kategori baik, sedangkan hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 67 berada pada kategori cukup. Berdasarkan uji kesamaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan nilai rata-rata kelas kontrol diketahui bahwa hasil keterampilan menulis teks prosedur kedua kelompok menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol dengan selisih nilai sebesar 12,5%. Hasil uji hipotesis dengan uji “t” diperoleh thitung > ttabel atau 3,31 > 2,060 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode metode pembelajaran demonstrasi berbantuan video terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Swasta Pelita Desa Bulu Cina
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengaruh, Metode Pembelajaran Demonstrasi, Teks Prosedur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 05:03 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55456 |