Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbantuan Video Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Swasta Pelita Desa Bulu Cina

Pratiwi, Dwi Indah (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbantuan Video Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Swasta Pelita Desa Bulu Cina. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2191111018 COVER.pdf] Text
1. NIM.2191111018 COVER.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 2. NIM.2191111018 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2191111018 APPROVAL SHEET.pdf

Download (925kB)
[thumbnail of 3. NIM.2191111018 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2191111018 ABSTRACT.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 4. NIM.2191111018 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2191111018 PREFACE.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 5. NIM.2191111018 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2191111018 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 6. NIM.2191111018 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM.2191111018 LIST OF TABLE.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 7. NIM.2191111018 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
7. NIM.2191111018 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 8. NIM.2191111018 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM.2191111018 CHAPTER I.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 12. NIM.2191111018 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM.2191111018 CHAPTER V.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 13. NIM.2191111018 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM.2191111018 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks prosedur siswa yang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode pembelajaran demonstrasi berbantuan video dalam proses pembelajaran menulis teks prosedur oleh siswa kelas XI SMA Swasta Pelita Desa Bulu Cina. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Pelita Desa Bulu Cina, yaitu 50 orang. Sampel pada penelitian ini, yaitu siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 26 siswa, dan siswa kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 24 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain Two Group Posttest Design. Teknik analisis data menggunakan uji persyaratan analisis, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 79,5 berada pada kategori baik, sedangkan hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 67 berada pada kategori cukup. Berdasarkan uji kesamaan nilai rata-rata kelas eksperimen dan nilai rata-rata kelas kontrol diketahui bahwa hasil keterampilan menulis teks prosedur kedua kelompok menunjukkan perbedaan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata kelas kontrol dengan selisih nilai sebesar 12,5%. Hasil uji hipotesis dengan uji “t” diperoleh thitung > ttabel atau 3,31 > 2,060 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode metode pembelajaran demonstrasi berbantuan video terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Swasta Pelita Desa Bulu Cina

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengaruh, Metode Pembelajaran Demonstrasi, Teks Prosedur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 24 Apr 2024 05:03
Last Modified: 24 Apr 2024 05:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55456

Actions (login required)

View Item
View Item