Ginting, Mechiho (2023) Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik Mesin Kelas X SMK 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5161121018 COVER.pdf
Download (40kB)
2. NIM.5161121018 APPROVAL SHEET.pdf
Download (390kB)
3. NIM.5161121018 ABSTRACT.pdf
Download (63kB)
4. NIM.5161121018 PREFACE.pdf
Download (149kB)
5. NIM.5161121018 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (60kB)
7. NIM.5161121018 ILLUSTRATION.pdf
Download (31kB)
8. NIM.5161121018 APPENDICES.pdf
Download (32kB)
9. NIM.5161121018 CHAPTER I.pdf
Download (441kB)
13. NIM.5161121018 CHAPTER V.pdf
Download (241kB)
14. NIM.5161121018 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (384kB)
Abstract
Dalam dunia pendidikan hasil belajar merupakan parameter dari
keberhasilan pendidikan itu sendiri. Rendahnya hasil belajar menggambar teknik
disebabkan beberapa faktor. Oleh sebab itu, penulis ingin mengungkapkan
bagaimana hasil belajar menggambar teknik yang dimiliki siswa. Tujuan dari
penelitian ini dilaksanakan yaitu: (1) untuk mengetahui besarnya hubungan
kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar menggambar teknik. (2) untuk
mengetahui besarnya hubungan motivasi beajar dengan hasil belajar menggambar
teknik. (3) untuk mengetahaui besarnya hubungan kemampuan berpikir kreatif
dan motivasi beajar dengan hasil belajar menggambar teknik. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah
129 orang dan jumlah sampel yang diambil menggunakan rumus Slovin yang
berjumlah 56 orang. Rancangan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif
korelasional, data dianalisis menggunakan rumus kolerasi product moment
pearson, dan regresi linear ganda. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1)
terdapat hubungan yang positif antara kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil
belajar menggambar teknik dengan koefisien korelasi (r = 0,375) dengan level
signifikansi alpha sebesar 0,05. (2) terdapat hubungan yang positif antara motivasi
beajar dengan hasil belajar menggambar teknik dengan koefisien korelasi (r =
0,787) dengan level signifikansi alpha sebesar 0,05. (3) terdapat hubungan yang
positif antara kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar secara bersama�sama terhadap hasil belajar menggambar teknik dengan keberartian korelasi ganda
(r = 0,788). Persamaan regresi berganda Y = 6,138 + 0,064X1 + 0,853X2. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar
mempunyai hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar menggambar teknik.
Artinya hasil belajar menggambar teknik dipengaruhi oleh faktor kemampuan
berpikir kreatif dan motivasi beajar. Dengan demikian sekolah perlu
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan gaya belajar untuk meningkatkan
hasil belajar menggambar teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan berpikir kreatif; Motivasi belajar; Menggambar teknik |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Susiani Susiani |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 03:59 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55432 |