Pengaruh Model Pembelajaran Team Based Project Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan

Sianturi, Ivan Rifai (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Team Based Project Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5192411005_Cover.pdf] Text
5192411005_Cover.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 5192411005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5192411005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 5192411005_Kata_Pengantar.pdf] Text
5192411005_Kata_Pengantar.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 5192411005_Abstrak.pdf] Text
5192411005_Abstrak.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 5192411005_Daftar_Isi.pdf] Text
5192411005_Daftar_Isi.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 5192411005_Daftar_Tabel.pdf] Text
5192411005_Daftar_Tabel.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 5192411005_Daftar_Gambar.pdf] Text
5192411005_Daftar_Gambar.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 5192411005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5192411005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 5192411005_BAB_I.pdf] Text
5192411005_BAB_I.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 5192411005_BAB_V.pdf] Text
5192411005_BAB_V.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 5192411005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5192411005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (254kB)

Abstract

Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Semester Ganjil Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023 masih kurang optimal sesuai dengan standar kelulusan minimum (KKM) yaitu 75. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran di kelas menggunakan model pembelajaran Konvensional yang berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Based Project terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode penelitian ini yaitu metode quasi eksperimen yang membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Konvensional dengan
model Team Based Project. Sampel penelitian ini adalah kelas X-DPIB 1 berjumlah 32 orang sebagai kontrol dan kelas X-DPIB 2 berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen. Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda. Kelas kontrol melaksanakan pembelajaran konvensional, sedangkan kelas eksperimen
melaksanakan pembelajaran dengan model Team Based Project. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pilihan berganda sebanyak 22 soal untuk mengukur hasil belajar siswa sesuai dengan aspek kognitif mulai dari C1 sampai
dengan C5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mata Pelajaran Gambar Teknik yang diajarkan dengan model pembelajaran Team Based Project lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran
Konvensional. Hal ini dapat dilihat dari data hasil penelitian rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Team Based Project sebesar
81,34% sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Konvensional sebesar 63,75%. Pengaruh hasil belajar model pembelajaran Team Based Project dibuktikan dengan analisis statistik uji-t satu
pihak yang menunjukkan �ℎ����� 4,262 > ������ 1,627. Pada model pembelajaran Team Based Project siswa lebih senang belajar karena dengan model tersebut siswa bekerja secara berkelompok dan saling berkomunikasi antar siswa sehingga hasil belajarnya dapat meningkat. Pembelajaran dengan model pembelajaran Konvensional menyebabkan siswa cenderung bersikap pasif yaitu hanya dapat menerima pelajaran yang diajarkan oleh Guru saja, tetapi siswa sulit menerapkan
yang ajarkan oleh Guru ke dalam pelaksanaan project.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Team Based Project; Konvensional; Hasil Belajar; Gambar Teknik; SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Apr 2024 01:28
Last Modified: 24 Apr 2024 01:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55371

Actions (login required)

View Item
View Item