Sianturi, Ivan Rifai (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Team Based Project Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
5192411005_Cover.pdf
Download (86kB)
5192411005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (279kB)
5192411005_Kata_Pengantar.pdf
Download (202kB)
5192411005_Abstrak.pdf
Download (232kB)
5192411005_Daftar_Isi.pdf
Download (195kB)
5192411005_Daftar_Tabel.pdf
Download (72kB)
5192411005_Daftar_Gambar.pdf
Download (71kB)
5192411005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (99kB)
5192411005_BAB_I.pdf
Download (315kB)
5192411005_BAB_V.pdf
Download (229kB)
5192411005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (254kB)
Abstract
Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Semester Ganjil Semester Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023 masih kurang optimal sesuai dengan standar kelulusan minimum (KKM) yaitu 75. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran di kelas menggunakan model pembelajaran Konvensional yang berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Based Project terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode penelitian ini yaitu metode quasi eksperimen yang membandingkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Konvensional dengan
model Team Based Project. Sampel penelitian ini adalah kelas X-DPIB 1 berjumlah 32 orang sebagai kontrol dan kelas X-DPIB 2 berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimen. Kedua kelas diberikan perlakuan yang berbeda. Kelas kontrol melaksanakan pembelajaran konvensional, sedangkan kelas eksperimen
melaksanakan pembelajaran dengan model Team Based Project. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal pilihan berganda sebanyak 22 soal untuk mengukur hasil belajar siswa sesuai dengan aspek kognitif mulai dari C1 sampai
dengan C5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mata Pelajaran Gambar Teknik yang diajarkan dengan model pembelajaran Team Based Project lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran
Konvensional. Hal ini dapat dilihat dari data hasil penelitian rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Team Based Project sebesar
81,34% sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Konvensional sebesar 63,75%. Pengaruh hasil belajar model pembelajaran Team Based Project dibuktikan dengan analisis statistik uji-t satu
pihak yang menunjukkan �ℎ����� 4,262 > ������ 1,627. Pada model pembelajaran Team Based Project siswa lebih senang belajar karena dengan model tersebut siswa bekerja secara berkelompok dan saling berkomunikasi antar siswa sehingga hasil belajarnya dapat meningkat. Pembelajaran dengan model pembelajaran Konvensional menyebabkan siswa cenderung bersikap pasif yaitu hanya dapat menerima pelajaran yang diajarkan oleh Guru saja, tetapi siswa sulit menerapkan
yang ajarkan oleh Guru ke dalam pelaksanaan project.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Team Based Project; Konvensional; Hasil Belajar; Gambar Teknik; SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T351 Mechanical drawing. Engineering graphics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 01:28 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 01:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55371 |