Pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial YouTube Terhadap Kepercayaan Diri Dan Hasil Praktik Membuat Garnish Makanan SMK Negeri 1 Simanindo

LUBIS, ERNAWATI (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Video Tutorial YouTube Terhadap Kepercayaan Diri Dan Hasil Praktik Membuat Garnish Makanan SMK Negeri 1 Simanindo. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 5192442006_Cover.pdf] Text
5192442006_Cover.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5192442006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
5192442006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5192442006_Kata_Pengantar.pdf] Text
5192442006_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5192442006_Abstrak.pdf] Text
5192442006_Abstrak.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 5192442006_Daftar_Isi.pdf] Text
5192442006_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5192442006_Daftar_Tabel.pdf] Text
5192442006_Daftar_Tabel.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5192442006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
5192442006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5192442006_BAB_I.pdf] Text
5192442006_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5192442006_BAB_V.pdf] Text
5192442006_BAB_V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5192442006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
5192442006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil praktik siswa yang menggunakan media pembelajaran video tutorial youtube; 2) Hasil praktik siswa yang menggunakan media pembelajaran powerpoint; 3) Kepercayaan diri siswa yang menggunakan media pembelajaran video tutorial youtube; 4) Kepercayaan diri siswa yang menggunakan media pembelajaran powerpoint; 5) Pengaruh media pembelajaran video tutorial youtube terhadap kepercayaan diri siswa; 6) Pengaruh media pembelajaran video tutorial youtube terhadap hasil praktik membuat garnish makanan; 7) Pengaruh media pembelajaran video tutorial youtube terhadap kepercayaan diri dan hasil praktik membuat garnish makanan. Metode penelitian yang dingunakan adalah quasi experiment. Tempat penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Simanindo. Waktu penelitian April-Juni 2023. Sampel penelitian 50 orang siswa, Teknik pengambilan sampel secara random kelas yaitu kelas XI JB 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI JB 1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, tingkat kecenderungan dan uji persyaratan analisis
menggunakan uji normalitas, uji homongenitas, uji hipotesis menggunakan uji t dan uji manova menggunakan SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan media pembelajaran video tutorial youtube terhadap kepercayaan diri siswa dengan nilai thitung >ttabel (6,625>2,011).
Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan media pembelajaran video tutorial terhadap hasil praktik membuat garnish makanan dengan nilai thitung >ttabel (7,287>2,011). Hasil uji manova menunjukkan tedapat pengaruh yang positif dan signifikan pada kepercayaan diri dan hasil praktik membuat garnish makanan. Nilai yang diperoleh pada kepercayaan diri siswa Fhitung > Ftabel (3,997>2,670) dan hasil praktik membuat garnish makanan dengan nilai Fhitung > Ftabel (5,214>2,670). Artinya media pembelajaran video
tutorial youtube dapat mempengaruhi kepercayaan diri dan hasil praktik membuat garnish makanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media pembelajaran; Video tutorial youtube; Kepercayaan diri; Hasil praktik; Garnish
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TX Home economics > TX642 Cooking
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 23 Apr 2024 03:45
Last Modified: 23 Apr 2024 03:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55297

Actions (login required)

View Item
View Item