Apriani (2022) DÉVELOPPEMENT DU LIVRE ÉLECTRONIQUE (E-BOOK) DE FRANÇAIS AUX LYCÉENS EN UTILISANT KVISOFT FLIPBOOK MAKER. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2173131002 COVER.pdf
Download (83kB)
2. NIM 2173131002 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM 2173131002 ABSTRACT.pdf
Download (197kB)
4. NIM 2173131002 PREFACE.pdf
Download (147kB)
5. NIM 2173131002 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (145kB)
6. NIM 2173131002 ILLUSTRATIONS.pdf
Download (55kB)
7. NIM 2173131002 TABLES.pdf
Download (116kB)
8. NIM 2173131002 APPENDICES.pdf
Download (116kB)
9. NIM 2173131002 CHAPTER I.pdf
Download (329kB)
13. NIM 2173131002 CHAPTER V.pdf
Download (126kB)
14. NIM 2173131002 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (126kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-book bahasa Prancis untuk siswa SMA menggunakan Kvisoft Flipbook Maker, menguji kelayakan media dan mengetahui pendapat siswa mengenai media tersebut. Berdasarkan hasil observasi lapangan, ditemukan bahwa belum tersedianya buku cetak untuk siswa pada mata pelajaran Bahasa Prancis dan rata-rata siswa memiliki kendala dalam segi ekonomi. Dalam proses pembelajaran, guru menggunakan e-book pribadi dan menggunakan powerpoint sehingga siswa membutuhkan media yang lebih menarik karena bahasa Prancis sulit dipelajari. Hal ini diperoleh berdasarkan wawancara dengan guru dan hasil angket siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) ADDIE dengan mengembangkan e-book yang mencakup 4 kompetensi pembelajaran bahasa Prancis, yaitu menyimak, membaca, menulis, dan berbicara. E-book yang dihasilkan sama seperti bahan ajar cetak namun ada penambahan konten video dan audio sesuai materi pembelajaran. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis persentase. Hasil uji validasi oleh ahli materi pada aspek penilaian kelayakan isi berupa kesesuaian, keakuratan, kemutakhiran dan pendukung materi adalah 93% dengan kategori sangat bagus. Hasil uji validasi oleh ahli media pada aspek penilaian kelayakan kegrafikan adalah 94% dengan kategori sangat bagus. Hasil pada angket pendapat siswa mengenai media pada aspek penilaian ketertarikan, subjek, bahasa dan kompetensi adalah 94% dengan kategori sangat bagus. Berdasarkan data di atas maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran e-book bahasa Prancis untuk siswa SMA dengan menggunakan Kvisoft Flipbook Maker dinyatakan valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran bahasa Prancis di SMA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan, E-book bahasa Prancis, Kvisoft Flipbook Maker |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PC Romance languages > PC2001 French Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 04:16 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 04:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55288 |