Pengembangan Media Pembelajaran Register Dan Counter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMK Swasta Imelda Medan

HUTAJULU, AGUSTIN PARLINDUNGAN (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Register Dan Counter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMK Swasta Imelda Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. 5163331002 COVER.pdf] Text
1. 5163331002 COVER.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 2. 5163331002 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. 5163331002 APPROVAL SHEET.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 3. 5163331002 ABSTRACT.pdf] Text
3. 5163331002 ABSTRACT.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 4. 5163331002 PREFACE.pdf] Text
4. 5163331002 PREFACE.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 5. 5163331002 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. 5163331002 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 6. 5163331002 TABLES.pdf] Text
6. 5163331002 TABLES.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 7. 5163331002 ILLUSTRATION.pdf] Text
7. 5163331002 ILLUSTRATION.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 8. 5163331002 APPENDICES.pdf] Text
8. 5163331002 APPENDICES.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 9. 5163331002 CHAPTER I.pdf] Text
9. 5163331002 CHAPTER I.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 13. 5163331002 CHAPTER V.pdf] Text
13. 5163331002 CHAPTER V.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 14. 5163331002 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. 5163331002 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
register dan counter pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika untuk
siswa kelas XI di SMK Imelda dan untuk mengetahui tingkat kelayakan media
pembelajaran register dan counter untuk siswa kelas XI di SMK Imelda. Metode
penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan
pengembangan (research and development). Data dalam penelitian ini didapatkan
dengan menggunakan instrument angket yang diberikan kepada ahli validasi yang
berjumlah 3 orang ahli media. Selain itu, dalam penelitian ini juga menggunakan
1 orang guru dan 20 orang siswa SMK Imelda. Hasil penelitian ini adalah : (1.)
pembuatan register dan counter dilakukan dengan mencari materi yang ingin
dijelaskan dan membuat desain produk, penilaian ahli media dan pengguna alat
yang dikembangkan. (2.) Hasil validasi ketiga ahli media yaitu Ahli Media 1
sebesar 90%, Ahli Media 2 sebesar 86%, dan Ahli Media 3 sebesar 73%, maka
rerata persentase skor dari ketiga ahli menjadi 83%, sehingga secara keseluruhan
dapat disimpulkan bahwa trainer register dan counter memenuhi syarat kelayakan
media pembelajaran dengan kategori “Sangat Layak”. (3.) Hasil penilaian
terhadap media yang dilakukan oleh guru yaitu sebesar 88% dengan kategori
“Sangat Layak”. Begitu juga dengan penilaian dari para siswa yang menilai baik
terhadap penggunaan media register dan counter yang telah dibuat. Oleh karena
itu, dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; Register; Counter; Penerapan rangkaian elektronika
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK301 Electric meters
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 22 Apr 2024 05:01
Last Modified: 22 Apr 2024 05:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55232

Actions (login required)

View Item
View Item