SIANTURI, ADOLFT ISAAC (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION DAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI ANIMAKER TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGGALTAHUN AJARAN2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193341021_Cover.pdf
Download (2MB)
7193341021_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (779kB) | Preview
7193341021_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7193341021_Abstrak.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7193341021_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7193341021_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7193341021_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7193341021_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7193341021_BAB_I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7193341021_BAB_V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
7193341021_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran, yaitu auditory intellectually repetition dan media pembelajaran berbasis video animasi animaker terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sunggal, Kecamatan Sunggal. Skripsi ini merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Medan dan dilaksanakan pada tahun 2023. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian eksperimen dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi yang menjadi subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sunggal. Namun, untuk penelitian ini, sampel yang dipilih adalah siswa kelas X3/Fase E dan X5/Fase E, yang berjumlah 72 orang siswa. Dalam penelitian ini, data dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Sebelum diberikan kepada siswa, soal-soal tersebut telah diuji oleh para ahli untuk memastikan validitas dan reliabilitasnya. Setelah itu, tes tersebut diberikan kepada siswa untuk mengukur daya beda dan tingkat kesukarannya. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X3/Fase E dengan jumlah 36 siswa dan kelas X5/Fase E dengan jumlah 36 siswa. Secara ringkas, Prosedur penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan tes pilihan ganda, melibatkan dua kelas sebagai sampel, dilakukan uji instrumen dan tes awal sebelum proses pembelajaran, kemudian pembelajaran dilakukan dengan dua model yang berbeda, dan akhirnya diuji hasil belajar siswa dengan tes akhir setelah proses pembelajaran selesai.
Hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik statistik, termasuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Untuk uji normalitas, data pre-tes dan post-test dari kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan nilai signifikan yang lebih besar dari 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa data yang dikumpulkan memiliki distribusi yang "normal". Hasil uji homogenitas menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,967 yang juga lebih besar dari 0,05. Ini menandakan bahwa varian data dari kelompok-kelompok yang dibandingkan bersifat homogen. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasilnya menunjukkan taraf signifikan (2-tailed) sebesar 0,018. Dengan melakukan perbandingan hasil perhitungan tersebut, ditemukan bahwa nilai sig (2- tailed) 0,018 lebih kecil dari 0,050.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition, Media Video Animasi Animaker, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 May 2024 09:40 |
Last Modified: | 01 May 2024 09:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55102 |