IRMA, ADE (2023) PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN KELAS XI OTKP SMK NEGERI 6 MEDAN TP. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193344007_Cover.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7193344007_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7193344007_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
7193344007_Abstrak.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
7193344007_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
7193344007_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7193344007_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7193344007_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7193344007_BAB_I.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
7193344007_BAB_V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7193344007_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang kurang optimal pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan Kelas XI OTKP SMK Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini yakni ex-postfacto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah peserta didik kelas XI OTKP SMK Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswanya 137 orang. Penelitian ini dilakukan secara simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 57 siswa. Teknik pengumpulan data yakni observasi, dokumentasi, serta kuesioner. Teknis analisis data diantaranya analisis regresi linear berganda dan agar menjawab kebenaran hipotesis digunakan uji - t, uji - F serta uji R2 dengan pengolahan data menggunakan bantuan SPSS Versi 23.
Melalui hasil analisis data dihasilkan persamaan regresi linear berganda Y = 6.934 + 0.464X1 +0.314x2 selanjutnya hasil penelitian menggambarkan hasil uji parsial (uji-t). Gaya mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel (4.936 > 1.673) untuk nilai signifikan 0.000 < 0.05. Dan variable disiplin belajar juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai dengan nilai thitung > t tabel (3.225 > 1.673) dengan nilai sig a 0.002 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya mengajar guru (X1) dan disiplin belajar (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) pada mata pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan SMK Negeri 6 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. Selanjutnya secara simultan (uji-F) pengaruh gaya mengajar guru dan disiplin belajar terdapat pengaruh yang positif serta signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan Fhitung > Ftabel (13.784 > 3.18). Nilai koefisien determinasi (R2) yaitu 0.338 dapat disimpulkan sumbangan pengaruh gaya mengajar guru dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa yaitu 33.8% dan sisanya 66.2 dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Gaya Mengajar Guru, Disiplin Belajar dan Hasil Belajar Siswa |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 01 May 2024 09:51 |
Last Modified: | 01 May 2024 09:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55098 |