RITONGA, MIKA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, GAYA HIDUP DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7191141019_Cover.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7191141019_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
7191141019_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
7191141019_Abstrak.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7191141019_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
7191141019_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7191141019_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
7191141019_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7191141019_BAB_I.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
7191141019_BAB_V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7191141019_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Sosial, Gaya Hidup, dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif mahasiswa pendidikan ekonomi
angkatan 2019 Universitas Negeri Medan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto.Penulis menggunakan 102 populasi. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak
102 mahasiswa dengan teknik total sampling. Pengujian validitas instrumen penelitian yang digunakan melalui perumusan product moment sedangkan pengujian reliabilitas dilaksanakan pada teknik cronbach alpha.Kemudian, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda.Dengan teknik pengujian hipotesis baik secara parsial maupun simultan serta menggunakan alat pengukuran koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian yang dapat diketahui dari perolehan data statistik membuktikan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel media sosial, gaya hidup dan
teman sebaya terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Adapun perolehan persamaan yang dapat dilakukan yaitu Y= 10,322 + 0,082X1 +0,135X2 + 0,699 X3. Hasil pengujian hipotesis
dapat diketahui secara parsial dan simultan. Pertama, secara parsial pada variabel media
sosial (X1)diperoleh thitung sebesar 2,120 dengan demikian thitung > ttabel (2,120 > 1,984) dengan
taraf signifikan 0,036 < 0,05. Kedua, pada variabel gaya hidup (X2) diperoleh hasil
perhitungan thitung sebesar 2,667 maka thitung > ttabel (2,667 > 1,984) dengan taraf signifikan
0,009 < 0,05. Ketiga, pada variabel teman sebaya (X3) diperoleh thitung sebesar 13,935 maka
thitung > ttabel (13,935 > 1,984) dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Kemudian pada pengujian hipotesis secara simultan juga di dapat data sebesar Fhitung > Ftabel yaitu 263,709 > 2,70 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Oleh karena itu di dapatkan pula perolehan data pada uji koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,890. Artinya media sosial, gaya hidup dan teman sebaya secara bersamaan memberikan kontribusi terhadap perilaku konsumtif sebesar 89% dan sisanya 11% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Sosial, Gaya Hidup, Teman Sebaya, Perilaku Konsumtif |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 May 2024 04:02 |
Last Modified: | 04 May 2024 06:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/55082 |