PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 060885 MEDAN

Ginting, Kula (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 060885 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 COVER.pdf]
Preview
Text
1 COVER.pdf - Published Version

Download (741kB) | Preview
[thumbnail of 8116182013 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
8116182013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (662kB) | Preview
[thumbnail of 8116182013 Abstrak.pdf]
Preview
Text
8116182013 Abstrak.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 8116182013 Daftar ISi.pdf]
Preview
Text
8116182013 Daftar ISi.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 8116182013 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
8116182013 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 8116182013 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
8116182013 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 8116182013 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8116182013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 060885 Medan setelah penerapan pembelajaran CTL. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri atas empat langkah yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi.
Data observasi siswa dan guru dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan lembar observasi keaktifan siswa dan guru, Adapun hasil belajar siswa dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : 1) penerapan pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan peningkatan sebesar 58,17%, 2) penerapan pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sebesar 19,72%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.830 71 Gin p
Keywords: Model pembelajaran; Aktivitas belajar; Hasil belajar IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 May 2016 07:36
Last Modified: 27 May 2016 07:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5508

Actions (login required)

View Item
View Item