PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP SWASTA PTPN IV GUNUNG BAYU KABUPATEN SIMALUNGUN

Nasution, Halimah Arni (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP SWASTA PTPN IV GUNUNG BAYU KABUPATEN SIMALUNGUN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER TESIS.pdf]
Preview
Text
1. COVER TESIS.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 4.KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB 1.pdf]
Preview
Text
9. BAB 1.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar IPA biologi pada materi sistem peredarah darah pada manusia, (2) pengaruh strategi pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem peredarah darah pada manusia di kelas VIII SMP Swasta PTPN IV Gunung Bayu. Metode penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan sampel yang digunakan adalah sampel total yang terdiri dari 3 kelas yaitu 2 kelas yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah (eksperimen A), dan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri (eksperimen B), sedangkan 1 kelas sebagai kontrol yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran tradisional. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 15 soal; tes hasil belajar sebanyak 20 soal dalam bentuk pilihan berganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukarannya. Teknik analisis data yang digunakan untuk hasil belajar siswa adalah Analisis Covarians (ANACOVA) dan untuk hasil kemampuan berpikir kritis adalah Analisis Varians (ANAVA) satu jalur pada taraf signifikan 0,05 dengan bantuan Program SPSS 16.0. Hasil penelitain menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran berbasis masalah, inkuiri dan tradisional terhadap hasil belajar IPA biologi siswa pada materi peredaran darah pada manusia di kelas VIII SMP Swasta PTPN IV Gunung Bayu. Hasil uji hipotesis memperlihatkan bahwa strategi pembelajaran secara signifikan berpengaruh nyata terhadap hasil belajar siswa (F = 3,191; P = 0,047). Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah 70,17 ± 14,49, hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri 67,77 ± 12,50 dan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran tradisional 62,59 ± 9,02. (2) Ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran berbasis masalah, inkuiri dan tradisional terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi peredaran darah pada manusia di kelas VIII SMP Swasta PTPN IV Gunung Bayu. Hasil uji hipotesis memperlihatkan bahwa strategi pembelajaran secara signifikan berpengaruh nyata terhadap kemampuan berpikir kritis siswa (F = 14,059; P = 0,000). Kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri 60,98 ± 13,16 secara signifikan berbeda nyata dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah 54,99 ± 12,11 dan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran tradisional 43,94 ± 10,50.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 570.071 Nas p
Keywords: Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Pembeelajaran berbasis masalah; Berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 May 2016 04:01
Last Modified: 27 May 2016 04:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5496

Actions (login required)

View Item
View Item