Sitorus, Efrahim (2023) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Modelling The Way Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2193311002 COVER.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
2. NIM 2193311002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
3. NIM 2193311002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM 2193311002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
5. NIM 2193311002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7. NIM 2193311002 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 2193311002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
12. NIM 2193311002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
13. NIM 2193311002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model
pembelajaran modelling the way terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa
kelas VIII SMP Negeri 14 Medan . Populasi Penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII SMP Negeri 14 Medan sebanyak 174 siswa dan pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik random sampling, sehingga diperoleh sampel Penelitian
adalah kelas VIII A sebanyak 29 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B
sebanyak 29 orang sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Two Grup Posttes Desing.
Instrumen yang digunakan adalah tes objektif esai. Dari pengolahan data
diperoleh nilai rata-rata posttes adalah 60,17 pada kelas kontrol yang
menggunakan model konvensional , sedangkan nilai rata-rata posttes adalah 71.55
pada kelas eksperimen yang menggunakan model modelling the way. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis siswa pada
pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran
modelling the way lebih tinggi daripada nilai rata-rata kemampuan menulis siswa
pada pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan model
pembelajaran konvensional. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih
dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan data hasil penelitian uji normalitas Kolmogorov-Smirnov diperoleh
bahwa nilai signifikansi (sig) hasil posttes < 0,05 disimpulkan data berdistribusi
tidak normal dan hasil uji homogenitas uji levene diperoleh nilai sign > 0,05
disimpulkan data bersifat homogen, sehingga diuji hipotesis menggunakan uji
Mann- Whitney dengan nilai Zo 3,24 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan model pembelajaran modelling the way terhadap kemampuan menulis
teks persuasi lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Hasil uji
hipotesis juga menunjukkan bahwa model pembelajaran modelling the way efektif
digunakan dalam pembelajaran menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP
Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efektivitas, Model Pembelajaran Modelling The Way Kemampuan Menulis Teks persuasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 03:57 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54950 |