Hasanah S., Uswatun (2015) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE PROBLEM BASED LEARNING (CPBL) TERINTEGRASI BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER SISWA PADA REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI. Masters thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN, PERNYATAAN.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest didukung dengan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Cooperative Problem Based Learning (CPBL) terintegrasi bahan ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Cooperative Problem Based Learning (CPBL) terintegrasi bahan ajar kimia SMA/MA di sekolah, peningkatan hasil belajar dan menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter siswa dengan menggunakan model Cooperative Problem Based Learning (CPBL) terintegrasi bahan ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan, dan hubungan antara nilai-nilai karakter siswa dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model Cooperative Problem Based Learning (CPBL) terintegrasi bahan ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA/MA di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Riau. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 dibelajarkan dengan menggunakan model Cooperative Problem Based Learning (CPBL) terintegrasi bahan ajar kimia SMA/MA yang telah dikembangkan dan pada eksperimen 2 dibelajarkan dengan menggunakan model Cooperative Problem Based Learning (CPBL) terintegrasi bahan ajar kimia SMA/MA di sekolah. Instrumen penelitian berupa tes objektif hasil belajar dan lembar observasi. Telah dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas dan uji homogenitas, diperoleh hasil bahwa data berdistribusi normal dan memiliki variansi yang sama. Teknik analisa data dilakukan dengan uji Independent Sample T-test, Correlation dan Regression Linear pada program SPSS 16 for windows dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ha1 dan Ha2 diterima dengan perolehan harga sig. 0,000< 0,05, terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 1 sebesar 60% dengan kategori sedang, terjadi pertumbuhan dan perkembangan nilai-nilai karakter siswa yaitu karakter komunikatif sebesar 78,51 dengan kategori tinggi, kreatifitas sebesar 78,85 dengan kategori tinggi, rasa ingin tahu sebesar 81,01 dengan kategori sangat tinggi, tanggung jawab sebesar 82,92 dengan kategori sangat tinggi, dan toleransi sebesar 83,11 dengan kategori sangat tinggi, dan Ha3 diterima dengan perolehan harga sig. 0,000< 0,05.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 541.393 071 2 Has i |
Keywords: | Model pembelajaran; Buku ajar; Pendidikan karakter; Reaksi reduksi; Oksidasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 May 2016 03:49 |
Last Modified: | 27 May 2016 03:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5489 |