Lubis, Fitri Rahmaini (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan 4C Abad 21 Pada Tema 5 Subtema 1 di Kelas IV SDN 101774 Sampali T.P. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111040_COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM. 1181111040_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
3. NIM. 1181111040_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM. 1181111040_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
5. NIM. 1181111040_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. NIM. 1181111040_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 1181111040_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1181111040_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 1181111040_BAB I.pdf - Published Version
Download (485kB) | Preview
13. NIM. 1181111040_BAB V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
14. NIM. 1181111040_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kelayakan
(validitas), kepraktisan (praktikalitas) dan efektivitas modul pembelajaran
berbasis keterampilan 4C abad 21 yang dikembangkan pada tema 5 subtema 1
kelas IV SDN 101774 Sampali. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan
pengembangan. Subjek penelitian sebanyak 30 siswa kelas IV SDN 101774
Sampali T.P. 2021/2022. Model pengembangan menggunakan model 4D (define,
design, develop dan disseminate). Data dikumpulkan melalui observasi, angket
validasi ahli, angket respon guru dan siswa serta tes hasil belajar siswa. Data
penelitian dianalisis dengan tenik analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan
produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul pembelajaran berbasis
keterampilan 4C abad 21 yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid
berdasarkan penilaian validator ahli materi (3,80 dan 4,80) maupun penilaian ahli
media/desain (3,83); (2) modul juga telah memenuhi kriteria praktis berdasarkan
angket respon siswa (4,11) maupun angket respon guru (4,27); dan (3) modul
terbukti efektif digunakan atau diterapkan pada proses pembelajaran di dalam
kelas dengan persentase kentutasan klasikal sebesar 93,3%. Serta nilai t-hitung
sebesar 38,904 dan nilai sig < 0,05 dengan rata-rata selisih nilai postes dan pretes
atau rata peningkatan hasil belajar sebesar 43,133. Berdasarkan hasil penelitian
disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis keterampilan 4C abad 21 pada
tema 5 (pahlawanku) subtema 1 (perjuangan para pahlawan) kelas IV SDN
101774 Sampali yang dikembangkan secara keseluruhan telah memenuhi kriteria
valid, praktis dan efektif digunakan dan diterapkan pada pembelajaran di dalam
kelas. Disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan modul pembelajaran
berbasis keterampilan 4C abad 21 yang dihasilkan dalam upaya mendukung
efektitas dan efisiensi pembelajaran sesuai tuntutan pembelajaran abad 21 serta
melatih kreativitas, berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2023-PGSD-028 |
Keywords: | Modul; Keterampian 4C; Tema 5; Subtema 1 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 07:06 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54833 |