Ripta, Fazaria (2022) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya Kelas V SDN 066655 Medan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM 1183111072 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2 NIM 1183111072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (754kB) | Preview
3 NIM 1183111072 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
4 NIM 1183111072 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5 NIM 1183111072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6 NIM 1183111072 TABLES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7 NIM 1183111072 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8 NIM 1183111072 CHARTS.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9 NIM 1183111072 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
10 NIM 1183111072 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
14 NIM 1183111072 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
15 NIM 1183111072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui penggunaan model pembelajaran project based learning Pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya Kelas V SDN 066655 T.A. 2021/2022, mengetahui hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran project based learning terhadap Tema 6 Panas dan Perpindahannya Kelas V SDN 066655 T.A. 2021/2022, dan mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar Pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya Kelas V SDN 066655 T.A. 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Exsperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data adalah tes dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 10 soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji T-Test dengan dua pihak. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 066655, Kelas VA 30 Siswa, dan Kelas VB 25 Siswa.Hasil dari penelitian diperoleh nilai penyebaran soal Pretest sebelum diberi perlakukan memperoleh nilai rata-rata 33,7. Setelah guru memberikan perlakukan dengan mengajar menggunakan model pembelajaran project based learning, guru kembali menyebarkan soal Posttest dengan nilai rata-rata 79,3. Hasil hipotesis memperoleh Thitung = 6,256 sedangkan Ttabel = 2,006 dengan α = 0,05. Dari data tersebut, di peroleh hasil perhitungan Thitung>Ttabel artinya Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan perbedaan. Maka, ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil tema 6 panas dan perpindahannya kelas V SDN 066655 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2023-PGSD-047 |
Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning; Eksperimen; Hasil Belajar Peserta Didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 18 Mar 2024 07:06 |
Last Modified: | 18 Mar 2024 07:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54821 |