DARMANTO, SHAFA SHAFIRA (2024) PENGARUH VIRAL MARKETING DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PLATFORM ONLINE SHOPEE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2022 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193143004_Cover.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7193143004_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7193143004_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
7193143004_Abstrak.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7193143004_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
7193143004_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7193143004_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7193143004_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7193143004_BAB_I.pdf - Published Version
Download (777kB) | Preview
7193143004_BAB_V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7193143004_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian pada mahasiswa belum
sepenuhnya rasional dan rendahnya pemahaman tentang pengelolaan keuangan pribadi
yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Viral
marketing dan Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Pembelian di Platform online
Shopee Pada Mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2022 Fakultas Ekonomi,
Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Gedung Fakultas Ekonomi,
Universitas Negeri Medan yang beralamat di Jalan Willem Iskandar Pasar V Medan
Estate. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aktif belanja online di Platform
online Shopee dengan sampel 47 mahasiswa dengan teknik Purposive Sampling.
Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket
(kuesioner). Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Analisis Regresi
Linier Berganda.
Hasil uji parsial (uji-t) untuk variabel viral marketing (X1) diperoleh thitung > ttabel yakni
2,984 > 2,015 dan nilai signifikansi yakni 0,005 < 0,05. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa secara parsial adanya pengaruh positif dan signifikan variabel viral
marketing (X1) terhadap keputusan pembelian (Y). Untuk variabel literasi keuangan
(X2) diperoleh thitung > ttabel yakni 3,566 > 2,015 dan nilai signifikansi yakni 0,001 <
0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara parsial adanya pengaruh
positif dan signifikan variabel literasi keuangan (X2) terhadap keputusan pembelian
(Y). Hasil uji simultan (uji-F) menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel yakni 14,285 > 3,21
dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
hipotesis diterima yang berarti adanya pengaruh yang signifikan secara bersama-sama
antara kedua variabel independen yaitu viral marketing (X1) dan literasi keuangan (X2)
terhadap keputusan pembelian (Y) di Platform online Shopee pada Mahasiswa
Pendidikan Bisnis Stambuk 2022 Fakultas Ekonomi, Univeristas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Viral Marketing, Literasi Keuangan, Keputusan Pembelian |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 30 Apr 2024 02:57 |
Last Modified: | 30 Apr 2024 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54806 |