Sitepu, Sri Ramaina (2023) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DI KELAS XI SMK NEGERI 1 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193142001_Cover.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
7193142001_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (538kB) | Preview
7193142001_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
7193142001_Abstrak.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
7193142001_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7193142001_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7193142001_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7193142001_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7193142001_BAB_I.pdf - Published Version
Download (680kB) | Preview
7193142001_BAB_V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7193142001_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (490kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini permasalahan yang ditemukan ialah rendahnya minat belajar dan hasil belajar akuntansi siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam upaya meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi keuangan di kelas XI AKL 3 yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Yang menjadi objek penelitian ini ialah model Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini dilakukan dalam 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar angket minat belajar dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Data kuantitatif diolah menggunakan Microsoft Excel. Berdasarkan pelaksanaan penelitian siklus I ditemukan 7 siswa yang memiliki minat tinggi (21,2%), 16 orang siswa dengan minat sedang (48,5%) dan 10 orang siswa dengan minat rendah (30,3%) maka minat belajarnya secara keseluruhan sebesar 48,97%. Kemudian setelah siklus II hasil angket minat belajar menunjukan 28 orang siswa dengan minat tinggi (84,8) dan 5 orang siswa dengan minat sedang (15,2%) dengan minat belajar siswa secara keseluruhan sebesar 63,09%. Sehingga berdasarkan data tersebut diketahui bahwa minat belajar siswa pada siklus II>siklus I dengan peningkatan minat belajar secara keseluruhan sebesar 14,12%. Dari hasil analisis data berdasarkan tes hasil belajar akuntansi diperoleh rata-rata nilai siswa sebesar 71,5 pada siklus I kemudian pada siklus II menjadi 83,9. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 69,70% (23 siswa) , sedangkan pada siklus II menjadi 87,88% (29 siswa) yang berarti bahwa hasil perolehan sudah mencapai indikator keberhasilan ≥ 85%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat belajar, hasil belajar akuntansi siswa, STAD |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 20:26 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 20:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54786 |