SIMANJUNTAK, NINA YURIKE (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA YAPIM SEI GELUGUR TP. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193342021_Cover.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
7193342021_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
7193342021_Kata_Pengantar.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
7193342021_Abstrak.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7193342021_Daftar_Isi.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7193342021_Daftar_Tabel.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7193342021_Daftar_Gambar.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7193342021_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
7193342021_BAB_I.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
7193342021_BAB_V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
7193342021_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Swasta Yapim Sei Gelugur yang berjumlah 28 orang siswa. Objek penelitian ini yaitu model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan melalui lembar pengamatan untuk data kemampuan berpikir kritis dan juga tes untuk data hasil belajar siswa. Teknik analisis data penelitian berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Dari pengamatan kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I diperoleh bahwa terdapat 5 siswa (17,8% ) yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 26 siswa (92,3%) yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan hal tersebut telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal > 80%. Data dari pre test siswa terdapat 7 siswa (25%) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 48,9. Hasil post test I sebanyak 18 siswa (64,2%) dengan nilai rata-rata 67,5. Sementara hasil post test II sebanyak 26 siswa (92,8%) dengan nilai rata-rata 85,3.
Hasil post test II memperlihatkan bahwa hasil belajar siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu >80%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMK Swasta Yapim Sei Gelugur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 04:35 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54785 |