PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA YAPIM SEI GELUGUR TP. 2023/2024

SIMANJUNTAK, NINA YURIKE (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK SWASTA YAPIM SEI GELUGUR TP. 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193342021_Cover.pdf]
Preview
Text
7193342021_Cover.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 7193342021_Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
7193342021_Lembar_Pengesahan.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 7193342021_Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
7193342021_Kata_Pengantar.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 7193342021_Abstrak.pdf]
Preview
Text
7193342021_Abstrak.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 7193342021_Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
7193342021_Daftar_Isi.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 7193342021_Daftar_Tabel.pdf]
Preview
Text
7193342021_Daftar_Tabel.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 7193342021_Daftar_Gambar.pdf]
Preview
Text
7193342021_Daftar_Gambar.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 7193342021_Daftar_Lampiran.pdf]
Preview
Text
7193342021_Daftar_Lampiran.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 7193342021_BAB_I.pdf]
Preview
Text
7193342021_BAB_I.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[thumbnail of 7193342021_BAB_V.pdf]
Preview
Text
7193342021_BAB_V.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 7193342021_Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
7193342021_Daftar_Pustaka.pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada mata pelajaran Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Swasta Yapim Sei Gelugur yang berjumlah 28 orang siswa. Objek penelitian ini yaitu model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan melalui lembar pengamatan untuk data kemampuan berpikir kritis dan juga tes untuk data hasil belajar siswa. Teknik analisis data penelitian berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Dari pengamatan kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I diperoleh bahwa terdapat 5 siswa (17,8% ) yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 26 siswa (92,3%) yang memiliki kemampuan berpikir kritis dan hal tersebut telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal > 80%. Data dari pre test siswa terdapat 7 siswa (25%) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 48,9. Hasil post test I sebanyak 18 siswa (64,2%) dengan nilai rata-rata 67,5. Sementara hasil post test II sebanyak 26 siswa (92,8%) dengan nilai rata-rata 85,3.
Hasil post test II memperlihatkan bahwa hasil belajar siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu >80%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMK Swasta Yapim Sei Gelugur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 20 Mar 2024 04:35
Last Modified: 20 Mar 2024 04:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54785

Actions (login required)

View Item
View Item