Siregar, Annisa (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas V SDN 157019 Pinangsori 12 T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1181111029_COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM. 1181111029_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
3. NIM. 1181111029_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 1181111029_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM. 1181111029_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM. 1181111029_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1181111029_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1181111029_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1181111029_BAB I.pdf - Published Version
Download (436kB) | Preview
13. NIM. 1181111029_BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 1181111029_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Augmented Reality terhadap hasil belajar siswa pada hasil belajar matematika siswa pada materi bangun ruang di kelas V SDN 157019 Pinangsori 12 T.A 2021/2022. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah Eksperiment dengan menggunakan One-Group-Pretest-Postest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 157019 yang berjumlah 30 orang siswa. Sampel
penelitian yang digunakan adalah secara sampling jenuh (semua populasi digunakan sebagai sampel). Sampel yang digunakan berjumlah 30 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Hasil penelitian dan kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Dari hasil perhitungan data belajar dengan media pembelajaran augmented reality diperoleh thitung = 5,390 dari daftar ditribusi t dengan db n-1 (30-1) = 29 diperoleh harga ttabel = 0,927. Sehingga diperoleh thitung > ttabel, dengan demikian hipotesis menyatakan “Terdapat pengaruh media pembelajaran augmented reality terhadap hasil belajar yang
signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika 7siswa pada materi bangun ruang di kelas V SDN 157019 Pinangsori 12 T.A 2021/2022”. 2) Dari hasil belajar yang diperoleh ditemukan bahwa 4 orang tidak tuntas sesuai nilai
KKM, sisanya 26 orang tuntas artinya 86,7% siswa kelas V di SDN 157019 Pinangsori 12 sudah tuntas melebihi 50% dan pembelajaran ini dikatakan berpengaruh menggunakan media pembelajaran augmented reality terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2023-PGSD-026 |
Keywords: | Media Pembelajaran Augmented Reality;Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 03:45 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 03:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54764 |