Rousda, Ricki Yunandar (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR HIDROKARBON SISWA KELAS X SMA. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM. 809142031 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2.NIM. 809142031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
3. NIM. 809142031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM. 809142031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM. 809142031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
6. NIM. 809142031 TABLES.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7. NIM. 809142031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 809142031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
12. NIM. 809142031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
13. NIM. 809142031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang Pengaruh Penggunaan Media Komputer dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar Hidrokarbon Siswa Kelas X SMA. Penelitian ini dilaksanakan pada Maret-Mei, 2013 yang mengambil tempat penelitian yaitu SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 2 Bireuen. Penelitian ini merupakan penelitian ekuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah kemampuan berfikir kreatif siswa yang diajarkan menggunakan media komputer dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada kemampuan berfikir kreatif siswa yang diajarkan hanya dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD saja, (2) apakah hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media komputer dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan hanya dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD saja, (3) Apakah terdapat respon siswa penggunaan media komputer dan model pembelajaran kooperatif pada materi hidrokarbon. Penelitian yang dilakukan dimana pada dua sekolah tersebut diambil dua kelas yang masing-masing kelas bertindak sebagai kelas eksperimen. Tes yang digunakan adalah tes awal dan tes akhir yang terdiri dari 20 soal. Uji statistik yang dgunakan adalah uji t untuk melihat peningkatan dan SPSS One Way Anova untuk melihat interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berfikir kreatif siswa yang diajarkan menggunakan media komputer dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada kemampuan berfikir kreatif siswa yang diajarkan hanya dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD saja, (2) Hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media komputer dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan hanya dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD saja, (3) Terdapat respon siswa penggunaan media komputer dan model pembelajaran kooperatif pada materi hidrokarbon.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 547.010 712 Rou p |
Keywords: | Desain pembelajaran; Media pembelajaran; Komputer; Model pembelajaran; Berfikir kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 May 2016 08:51 |
Last Modified: | 26 May 2016 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5475 |